Seri Handbook Pendidikan Moral Dan Karakter 1 30 Pengajaran secara Etis sebagai Syarat Moral Profesionalisme Elizabeth Campbell OISE University of Toronto Dari identifikasi awal Alan Tom mengenai pengajaran sebagai keterampilan moral 1984 menuju penelusuran inti moral pengajaran David Hansen 2001 dari pengakuan dimensi dimensi moral pengajaran oleh Goodlad et al 1990 hingga studi studi empiris yang dengan penuh semangat mengungkapkan dimensi dimensi tersebut Jackson et al 1993 Richardson dan Fenstermacher 2001 kepustakaan akademis dan profesi semakin lama semakin menggambarkan bagaimana aspek moral dan kompleksitas pengajaran K 12 tidak dapat dipisahkan dari unsur unsur teknis juga yang lebih buruk tidak dapat diabaikan oleh misi pendidikan terpusat Beberapa kalangan mengaitkan perbedaanperbedaan nuansa moral yang lekat dalam kehidupan di dalam kelas dan sekolah ini dengan peranan profesional guru dan implikasi implikasi etisnya terhadap profesionalisme dalam pengajaran Bergem 1993 Campbell 2003 Carr 2000 Oser dan Althof 1993 Sockett 1993 Strike dan Soltis 1992 Strike dan Ternasky 1993 Dalam konteks yang memadukan pertimbangan pengajaran yang bermoral dengan etika profesi terapan dalam mengajar bab ini akan mengeksplorasi konsep profesionalitas guru sebagai hal yang terpisah dari apa yang saya definisikan sebagai pengetahuan etis guru Pengetahuan ini berhubungan dengan cara guru bertindak secara moral dan cara mereka terlibat dalam pendidikan moral Dalam bab ini terutama akan dibahas dua bidang yang saling terkait disajikan dalam dua subbab yang terpisah Bidang pertama menyatakan bahwa pengetahuan etis dapat memberi dasar pembaruan profesionalisme dalam pengajaran Bidang itu mendefinisikan pengetahuan etika dan membahasSeri Handbook Pendidikan Moral Dan Karakter 1 30 Pengajaran secara Etis sebagai Syarat Moral Profesionalisme Elizabeth Campbell OISE University of Toronto Dari identifikasi awal Alan Tom mengenai pengajaran sebagai keterampilan moral 1984 menuju penelusuran inti moral pengajaran David Hansen 2001 dari pengakuan dimensi dimensi moral pengajaran oleh Goodlad et al 1990 ...hingga studi studi empiris yang dengan penuh semangat mengungkapkan dimensi dimensi tersebut Jackson et al 1993 Richardson dan Fenstermacher 2001 kepustakaan akademis dan profesi semakin lama semakin menggambarkan bagaimana aspek moral dan kompleksitas pengajaran K 12 tidak dapat dipisahkan dari unsur unsur teknis juga yang lebih buruk tidak dapat diabaikan oleh misi pendidikan terpusat Beberapa kalangan mengaitkan perbedaanperbedaan nuansa moral yang lekat dalam kehidupan di dalam kelas dan sekolah ini dengan peranan profesional guru dan implikasi implikasi etisnya terhadap profesionalisme dalam pengajaran Bergem 1993 Campbell 2003 Carr 2000 Oser dan Althof 1993 Sockett 1993 Strike dan Soltis 1992 Strike dan Ternasky 1993 Dalam konteks yang memadukan pertimbangan pengajaran yang bermoral dengan etika profesi terapan dalam mengajar bab ini akan mengeksplorasi konsep profesionalitas guru sebagai hal yang terpisah dari apa yang saya definisikan sebagai pengetahuan etis guru Pengetahuan ini berhubungan dengan cara guru bertindak secara moral dan cara mereka terlibat dalam pendidikan moral Dalam bab ini terutama akan dibahas dua bidang yang saling terkait disajikan dalam dua subbab yang terpisah Bidang pertama menyatakan bahwa pengetahuan etis dapat memberi dasar pembaruan profesionalisme dalam pengajaran Bidang itu mendefinisikan pengetahuan etika dan membahas