Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pentingnya meningkatkan profesionalisme guru, khususnya di daerah tertinggal, melalui pendekatan inovatif berupa *Lesson Study Berbasis Sekolah* (LSBS). Dalam konteks ini, buku menjelaskan secara mendalam tentang konsep *Lesson Study* yang berasal dari Jepang, yang dianggap sebagai salah satu model pembinaan profesi pendidik yang efektif dan berdampak signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan. LSBS mengedepankan prinsip kolegalitas dan saling belajar antar guru, dengan melibatkan seluruh komponen dalam proses pembelajaran, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, refleksi, hingga tindak lanjut secara kolaboratif dan berkelanjutan. Buku ini juga menjelaskan peran hukum dalam perlindungan hak cipta, terutama dalam konteks penggunaan karya cipta secara komersial, serta memberikan penjelasan terkait sanksi pelanggaran hak ekonomi yang diatur dalam UU No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dengan demikian, buku ini tidak hanya membahas aspek pedagogis, tetapi juga mengintegrasikan aspek hukum dan etika dalam pembelajaran. Selain itu, buku ini juga menyajikan pengalaman dan kontribusi para penulis, serta mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung penyusunan karya ini. Buku ini diharapkan dapat menjadi referensi dan inspirasi bagi para pengambil kebijakan, kepala sekolah, dan guru-guru Indonesia dalam menerapkan inovasi pembelajaran yang berbasis kolaborasi dan profesionalisme.
Buku Mendongkrak Profesionalisme Guru di Daerah Tertinggal Sebuah Inovasi Pengelolaan Pembelajaran menyuguhkan cara pengelolaan pembelajaran khusus di daerah tertinggal yang dengan segala keterbatasannya memerlukan sebuah penanganan khusus dalam mengelola sumber daya manusia yang ada Inovasi pengelolaan pembelajaran yang dilakukan adalah dengan melaksanakan Lesson Study Berbasis Sekolah LSBS yaitu Lesson Study yang dilaksanakan secara kolaboratif oleh guru mata pelajaran yang berbeda dalam satu sekolah Lesson Study Berbasis Sekolah LSBS merupakan model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar Dengan demikian Lesson Study bukan metode atau strategi pembelajaran tetapi kegiatan Lesson Study adalah membimbing para guru secara kolaboratif pertama tama menganalisis masalah pembelajaran baik dari aspek materi ajar maupun metode pembelajaran Selanjutnya secara kolaboratif pula para guru mencari solusi dan merancang pembelajaran yang inovatif dan berpusat pada siswa Langkah berikutnya menerapkan pembelajaran di kelas oleh seorang guru sementara guru yang lain sebagai observer mengamati aktivitas siswa dan guru dan kemudian dilanjutkan dengan diskusi pasca pembelajaran untuk merefleksikannya Jika prinsip prinsip Lesson Study Berbasis Sekolah ini dilakukan secara sistemik dan berkelanjutan maka akan berdampak pada peningkatan profesionalisme guru yang bermuara akhir pada peningkatan mutu pendidikan di sekolah
Jumlah Halaman | 116 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-02-1726-5 |
eISBN | 978-623-02-1728-9 |