Buku Mendongkrak Profesionalisme Guru di Daerah Tertinggal Sebuah Inovasi Pengelolaan Pembelajaran menyuguhkan cara pengelolaan pembelajaran khusus di daerah tertinggal yang dengan segala keterbatasannya memerlukan sebuah penanganan khusus dalam mengelola sumber daya manusia yang ada Inovasi pengelolaan pembelajaran yang dilakukan adalah dengan melaksanakan Lesson Study Berbasis Sekolah LSBS yaitu Lesson Study yang dilaksanakan secara kolaboratif oleh guru mata pelajaran yang berbeda dalam satu sekolah Lesson Study Berbasis Sekolah LSBS merupakan model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar Dengan demikian Lesson Study bukan metode atau strategi pembelajaran tetapi kegiatan Lesson Study adalah membimbing para guru secara kolaboratif pertama tama menganalisis masalah pembelajaran baik dari aspek materi ajar maupun metode pembelajaran Selanjutnya secara kolaboratif pula para guru mencari solusi dan merancang pembelajaran yang inovatif dan berpusat pada siswa Langkah berikutnya menerapkan pembelajaran di kelas oleh seorang guru sementara guru yang lain sebagai observer mengamati aktivitas siswa dan guru dan kemudian dilanjutkan dengan diskusi pasca pembelajaran untuk merefleksikannya Jika prinsip prinsip Lesson Study Berbasis Sekolah ini dilakukan secara sistemik dan berkelanjutan maka akan berdampak pada peningkatan profesionalisme guru yang bermuara akhir pada peningkatan mutu pendidikan di sekolah Buku Mendongkrak Profesionalisme Guru di Daerah Tertinggal Sebuah Inovasi Pengelolaan Pembelajaran menyuguhkan cara pengelolaan pembelajaran khusus di daerah tertinggal yang dengan segala keterbatasannya memerlukan sebuah penanganan khusus dalam mengelola sumber daya manusia yang ada Inovasi pengelolaan pembelajaran yang dilakukan adalah dengan melaksanakan Lesson Study Berbasis Sekolah LSBS yaitu Lesson Study ...yang dilaksanakan secara kolaboratif oleh guru mata pelajaran yang berbeda dalam satu sekolah Lesson Study Berbasis Sekolah LSBS merupakan model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar Dengan demikian Lesson Study bukan metode atau strategi pembelajaran tetapi kegiatan Lesson Study adalah membimbing para guru secara kolaboratif pertama tama menganalisis masalah pembelajaran baik dari aspek materi ajar maupun metode pembelajaran Selanjutnya secara kolaboratif pula para guru mencari solusi dan merancang pembelajaran yang inovatif dan berpusat pada siswa Langkah berikutnya menerapkan pembelajaran di kelas oleh seorang guru sementara guru yang lain sebagai observer mengamati aktivitas siswa dan guru dan kemudian dilanjutkan dengan diskusi pasca pembelajaran untuk merefleksikannya Jika prinsip prinsip Lesson Study Berbasis Sekolah ini dilakukan secara sistemik dan berkelanjutan maka akan berdampak pada peningkatan profesionalisme guru yang bermuara akhir pada peningkatan mutu pendidikan di sekolah