Seri Handbook Pendidikan Moral Dan Karakter 1 6 Pendidikan Karakter sebagai Penanaman Kebajikan David Carr University of Edinburgh PENDIDIKAN MORAL PRINSIP DAN PRAKTEK Menulis sebagai seorang filsuf politik Karl Marx terkenal menulis bahwa tujuan filsafat bukanlah menafsirkan dunia tetapi mengubahnya Marx 1968 hlm 30 Dari perspektif politik pendekatan apa pun terhadap pendidikan atau pelatihan moral yang menjanjikan untuk mengubah perilaku manusia menjadi lebih baik kemungkinan akan mendapat dukungan sejauh ia menawarkan untuk memberikan hasil praktis yang langsung Dalam dunia yang dipenuhi masalah sosial dan politik yang luas perang kejahatan sikap antisosial penyimpangan individu keterasingan dan keputusasaan menemukan perbaikan yang cepat untuk perilaku yang menyimpang dari orang orang tampak akan lebih mendesak daripada terlibat dalam membangun teori yang kompleks terlebih lagi meminta orang lain untuk terlibat dalam membangun teori tentang landasan etis untuk mengecam kejahatan yang nampak jelas tersebut Dari sudut pandang ini tidak mengherankan bahwa tumbuhnya minat baru baru ini pada pendidikan karakter sebuah pendekatan yang secara langsung difokuskan pada mengubah perilaku moral manusia tampaknya telah mendapatkan persetujuan dan dukungan politik yang cukup besar atau bahwa sumber sumber teoritis yang menjadi rujukannya sampai saat ini lebih bersifat ilmiah sosial pragmatis daripada bersifat filosofis moral Di satu sisi orang mungkin simpati dengan pendekatan yang lebih pragmatis atau praktis seperti ini bagaimanapun adalah masuk akal gagasan bahwa apa yang disebut pendidikan moral yang tidak membuahkan hasil perilakuSeri Handbook Pendidikan Moral Dan Karakter 1 6 Pendidikan Karakter sebagai Penanaman Kebajikan David Carr University of Edinburgh PENDIDIKAN MORAL PRINSIP DAN PRAKTEK Menulis sebagai seorang filsuf politik Karl Marx terkenal menulis bahwa tujuan filsafat bukanlah menafsirkan dunia tetapi mengubahnya Marx 1968 hlm 30 Dari perspektif politik pendekatan apa pun terhadap ...pendidikan atau pelatihan moral yang menjanjikan untuk mengubah perilaku manusia menjadi lebih baik kemungkinan akan mendapat dukungan sejauh ia menawarkan untuk memberikan hasil praktis yang langsung Dalam dunia yang dipenuhi masalah sosial dan politik yang luas perang kejahatan sikap antisosial penyimpangan individu keterasingan dan keputusasaan menemukan perbaikan yang cepat untuk perilaku yang menyimpang dari orang orang tampak akan lebih mendesak daripada terlibat dalam membangun teori yang kompleks terlebih lagi meminta orang lain untuk terlibat dalam membangun teori tentang landasan etis untuk mengecam kejahatan yang nampak jelas tersebut Dari sudut pandang ini tidak mengherankan bahwa tumbuhnya minat baru baru ini pada pendidikan karakter sebuah pendekatan yang secara langsung difokuskan pada mengubah perilaku moral manusia tampaknya telah mendapatkan persetujuan dan dukungan politik yang cukup besar atau bahwa sumber sumber teoritis yang menjadi rujukannya sampai saat ini lebih bersifat ilmiah sosial pragmatis daripada bersifat filosofis moral Di satu sisi orang mungkin simpati dengan pendekatan yang lebih pragmatis atau praktis seperti ini bagaimanapun adalah masuk akal gagasan bahwa apa yang disebut pendidikan moral yang tidak membuahkan hasil perilaku