Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang inovasi dalam model pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), yang merupakan keharusan dalam menghadapi tantangan era modern. Buku ini menjelaskan konsep dasar inovasi, termasuk pengertian, karakteristik, pentingnya, dan faktor-faktor yang mendorong terciptanya inovasi dalam dunia pendidikan. Selanjutnya, buku ini menyajikan hakikat inovasi dalam pendidikan dan urgensi inovasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Buku ini juga mengupas berbagai model pembelajaran dalam pendidikan agama Islam, seperti metode Al-Qosimi, metode Kisah Qur’ani, metode Qur’anuna, serta model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Kancing Gemrincing. Setiap model pembelajaran disajikan dengan pengertian, langkah-langkah penerapan, manfaat, kelebihan, serta kekurangannya. Pembahasan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman mendalam tentang berbagai metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses pendidikan agama Islam agar lebih menarik, efektif, dan sesuai dengan kebutuhan pembelajar. Buku ini menjadi sumber referensi yang relevan bagi para pendidik, calon pendidik, dan mahasiswa yang ingin memperkaya pengetahuan dan kemampuan dalam merancang dan menerapkan inovasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Dalam penerapannya metode pendidikan Islam menyangkut permasalahan individual atau social peserta didik dan pendidik itu sendiri Untuk itu dalam menggunakan metode seorang pendidik harus memperhatikan dasar dasar umummetode pendidikan Islam Sebab metode pendidikan merupakan sarana atau jalan menuju tujuan pendidikan sehingga segala jalan yang ditempuh oleh seorang pendidik haruslah mengacu pada dasar dasar metode pendidikan tersebut
Jumlah Halaman | 92 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-7511-72-4 |
eISBN | proses |