Daftar Isi Daftar Isi vi RUANG LINGKUP KOMPETENSI 1 Ruang Lingkup Pengembangan Potensi 2 Tiga Potensi Sekolah 4 Potensi Di Lingkungan Sekolah 4 Belajar Mengamati 5 Kebiasaan Negatif 5 Mengoptimalkan Jam Efektif 6 Potensi Guru 7 Tujuan Pengembangan Diri 8 Guru Sebagai Kunci 9 Melihat Uji sertifikasi Guru 9 Pembuktian Kompetensi Guru 10 Banyak Potensi yang Harus Dikembangkan 11 Potensi Siswa 13 Delapan Cara untuk Memaksimalkan Potensi Anak 16 Delapan Macam Kecerdasan Gardner 20 Kelebihan Kekurangan Siswa 29 Tipe Tipe Pembelajar 30 Penghambat Pengembangan Potensi 31 Daftar Pustaka 41 Tentang Penulis 47 viDaftar Isi Daftar Isi vi RUANG LINGKUP KOMPETENSI 1 Ruang Lingkup Pengembangan Potensi ... 2 Tiga Potensi Sekolah 4 Potensi Di Lingkungan Sekolah 4 Belajar Mengamati 5 Kebiasaan Negatif 5 Mengoptimalkan Jam Efektif 6 Potensi Guru 7 Tujuan Pengembangan Diri 8 Guru Sebagai Kunci 9 Melihat Uji sertifikasi Guru 9 Pembuktian Kompetensi Guru 10 Banyak Potensi yang Harus Dikembangkan 11 Potensi Siswa 13 Delapan Cara untuk Memaksimalkan Potensi Anak 16 Delapan Macam Kecerdasan Gardner 20 Kelebihan Kekurangan Siswa 29 Tipe Tipe Pembelajar 30 Penghambat Pengembangan Potensi 31 Daftar Pustaka 41 Tentang Penulis 47 vi