Buku ini adalah hasil penelitian pengembangan materi ajar multibahasa untuk siswa pesantren yang didesain dan dikembangkan berdasarkan analisa kebutuhan dan situasi yang ada pada tiga pesantren di kota Makassar yaitu Pesantren Moderen IMMIM Pesantren Pondok Madinah dan Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Sehingga diharapkan dengan hadirnya buku ini akan dapat memenuhi kebutuhan pesantren untuk mewujudkan visi dan misinya menjadikan santri yang mampu berkomunikasi aktif dalam beberapa bahasa asing sejak para santri itu telah delapan hingga sebelas bulan tinggal di dalam asrama Untuk memenuhi kebutuhan pesantren maka buku ini lebih memfokuskan pada penguasaan skill berbicara sehari hari dalam bahasa yang lazim digunakan dalam pergaulan sehari hari untuk santri pesantren kelas satu sesuai dengan visi dan misi pesantren Inti dari buku ini adalah menghafal dan mempraktekkan ungkapan dan uslub uslub kalimat yang ada dengan banyak berlatih dan mengulanginya secara individu partner maupun kelompok Susunan materi diawali berdasarkan konteks terjadinya komunikasi sehari hari dalam bahasa formal maupun non formal untuk memenuhi kebutuhan siswa berkomunikasi dengan native atau non native speaker secara langsung maupun on line Bahasa Arab nonformal yang ditampilkan di buku ini kebanyakan adalah bahasa nonformal Mesir dengan pertimbangan bahwa sebahagian besar native speaker Arab dan penduduknya memahami bahasa nonformal Mesir Sedangkan bahasa Inggris nonformal diadopsi dari dialek British dan USA Buku ini juga dilengkapi dengan cara baca spelling Indonesia tanpa menggunakan symbol phonetic guna mempermudah siswa yang kurang fasih menyebut ataupun membaca penjelasan penggunaan phrase latihan latihan refleksi materi pembelajaran dan kosakata pada masing masing topic bahasan Pada bagian akhir dari buku ini diberikan kosa kata bahasa Inggris dan Arab sebagai bahan untuk memperkaya dan mempraktekkan tarkiib dan phrase dalam berbagai contoh bentuk kalimat sederhana Buku ini adalah hasil penelitian pengembangan materi ajar multibahasa untuk siswa pesantren yang didesain dan dikembangkan berdasarkan analisa kebutuhan dan situasi yang ada pada tiga pesantren di kota Makassar yaitu Pesantren Moderen IMMIM Pesantren Pondok Madinah dan Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Sehingga diharapkan dengan hadirnya buku ini akan dapat memenuhi ...kebutuhan pesantren untuk mewujudkan visi dan misinya menjadikan santri yang mampu berkomunikasi aktif dalam beberapa bahasa asing sejak para santri itu telah delapan hingga sebelas bulan tinggal di dalam asrama Untuk memenuhi kebutuhan pesantren maka buku ini lebih memfokuskan pada penguasaan skill berbicara sehari hari dalam bahasa yang lazim digunakan dalam pergaulan sehari hari untuk santri pesantren kelas satu sesuai dengan visi dan misi pesantren Inti dari buku ini adalah menghafal dan mempraktekkan ungkapan dan uslub uslub kalimat yang ada dengan banyak berlatih dan mengulanginya secara individu partner maupun kelompok Susunan materi diawali berdasarkan konteks terjadinya komunikasi sehari hari dalam bahasa formal maupun non formal untuk memenuhi kebutuhan siswa berkomunikasi dengan native atau non native speaker secara langsung maupun on line Bahasa Arab nonformal yang ditampilkan di buku ini kebanyakan adalah bahasa nonformal Mesir dengan pertimbangan bahwa sebahagian besar native speaker Arab dan penduduknya memahami bahasa nonformal Mesir Sedangkan bahasa Inggris nonformal diadopsi dari dialek British dan USA Buku ini juga dilengkapi dengan cara baca spelling Indonesia tanpa menggunakan symbol phonetic guna mempermudah siswa yang kurang fasih menyebut ataupun membaca penjelasan penggunaan phrase latihan latihan refleksi materi pembelajaran dan kosakata pada masing masing topic bahasan Pada bagian akhir dari buku ini diberikan kosa kata bahasa Inggris dan Arab sebagai bahan untuk memperkaya dan mempraktekkan tarkiib dan phrase dalam berbagai contoh bentuk kalimat sederhana