Logo Bacabuku
Organizational Citizenship Behaviour & Mutu Pelayanan Rumah Sakit

Organizational Citizenship Behaviour & Mutu Pelayanan Rumah Sakit

Dr. dr Hj. Andi Indahwaty Sidin, S.Ked, MHSM, dkk.
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dan dampak *Organizational Citizenship Behavior* (OCB) dalam berbagai aspek organisasi, khususnya dalam konteks layanan kesehatan, terutama di rumah sakit. OCB dijelaskan sebagai perilaku ekstra-role yang tidak terikat pada tugas utama individu, namun berkontribusi secara positif terhadap kinerja organisasi dan lingkungan kerja. Buku ini menyajikan penelitian-penelitian terkini selama lima tahun terakhir yang menggambarkan peran OCB dalam meningkatkan kualitas pelayanan, kinerja perawat, serta hubungan antar individu di dalam organisasi. Buku ini juga menjelaskan berbagai faktor yang mempengaruhi OCB, seperti persepsi keadilan, kualitas interaksi atasan-bawahan (LMX), motivasi, kepribadian, dan nilai budaya. Penulis menjelaskan bahwa budaya organisasi yang baik dan nilai-nilai budaya yang mendukung dapat memperkuat tindakan OCB, sehingga berkontribusi pada peningkatan kinerja organisasi dan kualitas layanan yang diberikan. Selain itu, buku ini menyajikan studi khusus mengenai peran OCB perawat di Sulawesi Selatan, sebagai contoh nyata bagaimana OCB dapat menjadi faktor penentu dalam menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan berkelanjutan. Buku ini sangat relevan bagi para akademisi, praktisi kesehatan, manajer rumah sakit, dan pelaku pembangunan sumber daya manusia dalam memahami dan meningkatkan kualitas interaksi dan kinerja di organisasi.

Sinopsis ebook

Bateman dan Organ 1983 memperkenalkan konstruk Organizational Citizenship Behavior OCB dengan menarik konsep perilaku super peran oleh Katz dan Kahn 1966 Menurut Organ 1988 OCB adalah perilaku kerja bersifat sukarela tidak terkait dengan sistem reward atau penghargaan secara formal dan merupakan satu kesatuan yang dapat memberi kontribusi dalam meningkatkan efektivitas organisasi Bersifat sukarela karena perilaku tersebut mengacu pada perilaku yang bukan merupakan bagian dari uraian tugas karyawan secara formal melainkan sebagai pilihan personal Podsakoff et al 2000

Detail Buku

Jumlah Halaman 80
Kategori Kesehatan
Penerbit Literasi Nusantara Abadi
Tahun Terbit 2021
ISBN 978-623-329-515-4
eISBN proses
Organizational Citizenship Behaviour & Mutu Pelayanan Rumah Sakit

Organizational Citizenship Behaviour & Mutu Pelayanan Rumah Sakit

Dr. dr Hj. Andi Indahwaty Sidin, S.Ked, MHSM, dkk.