Konfigurasi cara pandang berfikih masyarakat yang toleran lahir dari konfigurasi pendidikan fikih yang inklusif begitu juga sebaliknya konfigurasi berfikih yang intoleran lahir dari konfigurasi pendidikan fikih yang eksklusif Selama ini model pendidikan fikih yang dikembangkan di pesantren mempunyai kecenderungan untuk membangun tembok primordialitas fikih yang eksklusif Bahkan fikih yang merupakan wilayah profan kerap kali harus disakralkan dan tidak jarang sakralisasi tersebut berujung pada absolutely truth claim dan mengarah pada blind obidience Pada momentum inilah Pondok Modern Darussalam Gontor mencoba melampaui sekat sekat tembok primordialitas golongan dengan model pendidikan fikih beyond the wall Konfigurasi cara pandang berfikih masyarakat yang toleran lahir dari konfigurasi pendidikan fikih yang inklusif begitu juga sebaliknya konfigurasi berfikih yang intoleran lahir dari konfigurasi pendidikan fikih yang eksklusif Selama ini model pendidikan fikih yang dikembangkan di pesantren mempunyai kecenderungan untuk membangun tembok primordialitas fikih yang eksklusif Bahkan fikih yang merupakan wilayah ...profan kerap kali harus disakralkan dan tidak jarang sakralisasi tersebut berujung pada absolutely truth claim dan mengarah pada blind obidience Pada momentum inilah Pondok Modern Darussalam Gontor mencoba melampaui sekat sekat tembok primordialitas golongan dengan model pendidikan fikih beyond the wall