Memberdayakan Kualitas Siswa, Guru dan Sekolah Di Era Informasi Global

Memberdayakan Kualitas Siswa, Guru dan Sekolah Di Era Informasi Global

Sujaya

Telah di baca oleh 0 pemustaka, dengan total durasi baca 00:00:00

Deskripsi Buku

Guru memiliki peran yang sangat strategis bagi kemajuan pendidikan suatu bangsa Apalagi di era kurikulum merdeka guru lebih dituntut dalam mengemban tugas profesionalnya Tuntutan terhadap proses pembelajaran yang berkualitas semakin tinggi seiring dengan perkembangan dan perubahan zaman Proses pembelajaran pada setiap satuan pendidikan harus inspiratif dan inovatif Kuncinya adalah bagaimana proses pembelajaran lebih bersifat kontekstual dan saintifik sehingga membentuk karakter peserta didik yang berjiwa saintis ilmuwan Sayangnya guru yang siap untuk itu adalah guru yang inspiratif yang menurut Rhenald Kasali 2007 jumlahnya kurang dari 1 Padahal Kualitas pembelajaran adalah gambaran komitmen kita terhadap peningkatan mutu pendidikan secara menyeluruh Cara siswa memahami materi mengembangkan keterampilan dan membentuk pemikiran kritis sangat bergantung pada cara kita menyusun kurikulum yang tepat Upaya peningkatan kualitas pembelajaran seyogianya tidak hanya terbatas pada metode pengajaran tetapi juga mencakup pengembangan kurikulum yang relevan dan inklusif Tidak kalah penting peran guru dalam mengakomodasi keberagaman potensi siswa juga perlu diperhatikan Cara meningkatkan kualitas pembelajaran berkaitan erat dengan bagaimana peran guru dalam menyajikan materi secara inovatif merangsang kreativitas siswa dan memfasilitasi lingkungan belajar yang inklusif Oleh karenanya cara meningkatkan kualitas guru menjadi salah satu kunci utama Di era globalisasi dan Informasi 4 0 dunia pendidikan khususnya dalam hal ini sekolah tidak luput dari persaingan Apalagi fenomena disrupsi paska terjadinya pandemi Covid 19 dunia ditantang dan dipaksa untuk berbenah dalam beradaptasi terhadap segala bentuk perubahan menuju peningkatan mutu daya saing dan kemajuan Semakin kompetitif dan ketatnya persaingan antar sekolah menjadikan setiap sekolah harus mempunyai mutu dan daya saing sekolah yang kompetitif Dengan mutu dan daya saing ini sekolah akan mampu bertahan terhadap segala kebutuhan tantangan dan perubahan zaman Diperlukan strategi peningkatan mutu dan perubahan daya saing Kemampuan dalam mendongkrak mutu dan daya saing sekolah terletak pada bagaimana produktivitas sekolah itu dibandingkan sekolah sekolah lainnya Pada kerangka waktu tertentu suatu hal yang dapat diperbandingkan benchmarking Guru memiliki peran yang sangat strategis bagi kemajuan pendidikan suatu bangsa Apalagi di era kurikulum merdeka guru lebih dituntut dalam mengemban tugas profesionalnya Tuntutan terhadap proses pembelajaran yang berkualitas semakin tinggi seiring dengan perkembangan dan perubahan zaman Proses pembelajaran pada setiap satuan pendidikan harus inspiratif dan inovatif Kuncinya adalah bagaimana proses ...

Style

MLA Style
Sujaya. Memberdayakan Kualitas Siswa, Guru dan Sekolah Di Era Informasi Global. Indramayu: Penerbit Adab, 2024. Online.
Chicago Style
Sujaya. Memberdayakan Kualitas Siswa, Guru dan Sekolah Di Era Informasi Global. Indramayu: Penerbit Adab, 2024.
Turabian Style
Sujaya. Memberdayakan Kualitas Siswa, Guru dan Sekolah Di Era Informasi Global. Indramayu: Penerbit Adab, 2024.
APA Style
Sujaya. (2024). Memberdayakan Kualitas Siswa, Guru dan Sekolah Di Era Informasi Global. Indramayu: Penerbit Adab.
Harvard Style
Sujaya, 2024, Memberdayakan Kualitas Siswa, Guru dan Sekolah Di Era Informasi Global, Penerbit Adab, Indramayu.
IEEE Style
Sujaya. Memberdayakan Kualitas Siswa, Guru dan Sekolah Di Era Informasi Global. Indramayu: Penerbit Adab, 2024.

Detail Buku

Jumlah Halaman
242
Kategori
Sub Kategori
Penerbit
Tahun Terbit
ISBN
978-623-10-1829-8
eISBN
978-623-10-1830-4

Buku Rekomendasi

Lihat Semua