Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik mengajar membimbing mengarahkan menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini pendidikan dasar pendidikan formal dan pendidikan menengah Dalam Undang Undang Nomor 14 Pasal 20 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen tertulis bahwa dalam melaksanakan tugas keprofesionalannya guru berkewajiban a merencanakan pembelajaran melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran b meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni Terkait dengan tugas tersebut maka guru harus mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran yang tepat dan benar agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan Buku Perencanaan Pembelajaran untuk Kejuruan ini disusun untuk para calon guru SMK dalam mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran sebagai langkah awal dalam mengajar Buku ini diperuntukkan untuk mahasiswa program studi pendidikan vokasional dan calon guru SMK karena memuat contoh contoh yang terkait dengan bidang produktif khususnya bidang rekayasa bangunan Ruang lingkup buku Perencanaan Pembelajaran untuk Kejuruan ini membahas materi tentang perencanaan pembelajaran dengan dua dimensi yaitu bagian I esensi dan bagian II bidang penerapan Peta konsep dari isi buku ini dapat divisualisasikan pada ilustrasi Pembahasan tentang esensi mencakup tentang konsep pembelajaran terkini dan kurikulum yang digunakan saat ini Bidang penerapan menguraikan tentang penyusunan perencanaan pembelajaran Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik mengajar membimbing mengarahkan menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini pendidikan dasar pendidikan formal dan pendidikan menengah Dalam Undang Undang Nomor 14 Pasal 20 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen tertulis bahwa dalam melaksanakan tugas keprofesionalannya guru berkewajiban a merencanakan ...pembelajaran melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran b meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni Terkait dengan tugas tersebut maka guru harus mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran yang tepat dan benar agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan Buku Perencanaan Pembelajaran untuk Kejuruan ini disusun untuk para calon guru SMK dalam mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran sebagai langkah awal dalam mengajar Buku ini diperuntukkan untuk mahasiswa program studi pendidikan vokasional dan calon guru SMK karena memuat contoh contoh yang terkait dengan bidang produktif khususnya bidang rekayasa bangunan Ruang lingkup buku Perencanaan Pembelajaran untuk Kejuruan ini membahas materi tentang perencanaan pembelajaran dengan dua dimensi yaitu bagian I esensi dan bagian II bidang penerapan Peta konsep dari isi buku ini dapat divisualisasikan pada ilustrasi Pembahasan tentang esensi mencakup tentang konsep pembelajaran terkini dan kurikulum yang digunakan saat ini Bidang penerapan menguraikan tentang penyusunan perencanaan pembelajaran