Membaca merupakan bagian yang integral dalam pembelajaran berbahasa Membaca memberi kesempatan kepada individu untuk menggali banyak informasi dari berbagai bidang sehingga menambah pengetahuan Dalam dunia pendidikan membaca membantu siswa untuk mengembangkan dan meningkatkan pencapaian akademik Hal ini disebabkan penguasaan akademik bermula dari keterampilan siswa dalam membaca Chansa Kabali Westerholm 2014 Membaca dapat diintepretasikan sebagai kegiatan mengartikan pesan yang tertulis Selanjutnya Abidin 2015 menjelaskan bahwa membaca merupakan keterampilan yang kompleks yang dilakukan melalui sebuah proses yang dinamis untuk membawa dan mendapatkan makna dari teks Hal ini mengindikasikan bahwa membaca bukan hanya menyuarakan lambang lambang tertulis semata akan tetapi mampu memahami makna yang terkandung dalam sebuah wacana Membaca melibatkan intervensi beberapa proses yaitu identifi kasi bacaan pengenalan kata menemukan makna dan integrasi sintaksis dan semantik Yukselir 2014 Dalam proses membaca siswa menggunakan beberapa domain domain penting yaitu domain afektif domain perseptual dan domain kognitif Melalui penggunaan domain tersebut siswa akan mudah menarik makna dengan memadukan pengetahuan lama dengan pengetahuan baru yang diperolehnya melalui membaca Kwon Linderholm 2015 Membaca merupakan bagian yang integral dalam pembelajaran berbahasa Membaca memberi kesempatan kepada individu untuk menggali banyak informasi dari berbagai bidang sehingga menambah pengetahuan Dalam dunia pendidikan membaca membantu siswa untuk mengembangkan dan meningkatkan pencapaian akademik Hal ini disebabkan penguasaan akademik bermula dari keterampilan siswa dalam membaca Chansa Kabali Westerholm 2014 Membaca ...dapat diintepretasikan sebagai kegiatan mengartikan pesan yang tertulis Selanjutnya Abidin 2015 menjelaskan bahwa membaca merupakan keterampilan yang kompleks yang dilakukan melalui sebuah proses yang dinamis untuk membawa dan mendapatkan makna dari teks Hal ini mengindikasikan bahwa membaca bukan hanya menyuarakan lambang lambang tertulis semata akan tetapi mampu memahami makna yang terkandung dalam sebuah wacana Membaca melibatkan intervensi beberapa proses yaitu identifi kasi bacaan pengenalan kata menemukan makna dan integrasi sintaksis dan semantik Yukselir 2014 Dalam proses membaca siswa menggunakan beberapa domain domain penting yaitu domain afektif domain perseptual dan domain kognitif Melalui penggunaan domain tersebut siswa akan mudah menarik makna dengan memadukan pengetahuan lama dengan pengetahuan baru yang diperolehnya melalui membaca Kwon Linderholm 2015