Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang masa remaja, yang merupakan fase kritis dalam perkembangan individu dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Dalam bagian pertama, buku ini menjelaskan pengertian remaja, perbedaan antara remaja dengan anak-anak dan orang dewasa, serta perkembangan psikologis, sosial, dan emosional yang dialami remaja. Selain itu, buku ini juga mengupas tentang fenomena kenakalan remaja, penyebab-penyebabnya, faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya kenakalan, serta upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menanggulangi masalah ini. Bagian kedua buku ini berfokus pada konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), yang merupakan pendekatan pengelolaan sekolah yang berorientasi pada kebutuhan dan kemampuan sekolah itu sendiri. Buku ini menjelaskan prinsip-prinsip, tujuan, manfaat, serta implementasi MBS dalam dunia pendidikan. Dalam konteks ini, buku juga memperkenalkan peran guru, siswa, dan masyarakat dalam membangun lingkungan sekolah yang kondusif dan berkelanjutan. Buku ini ditulis oleh Dr. Muhammad Husni, M.Pd.I. dan Hairul Puadi, M.A., dengan harapan dapat menjadi rujukan yang bermanfaat bagi para pembaca, terutama bagi para pendidik, calon pendidik, serta pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan. Dengan menggabungkan teori dan praktik, buku ini berusaha memberikan wawasan yang mendalam dan solusi yang konstruktif dalam menghadapi tantangan perkembangan remaja dan transformasi pendidikan di era modern.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang masa remaja, yang merupakan fase kritis dalam perkembangan individu dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Dalam bagian pertama, buku ini menjelaskan pengertian remaja, perbedaan antara remaja dengan anak-anak dan orang dewasa, serta perkembangan psikologis, sosial, dan emosional yang dialami remaja. Selain itu, buku ini juga mengupas tentang fenomena kenakalan remaja, penyebab-penyebabnya, faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya kenakalan, serta upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menanggulangi masalah ini. Bagian kedua buku ini berfokus pada konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), yang merupakan pendekatan pengelolaan sekolah yang berorientasi pada kebutuhan dan kemampuan sekolah itu sendiri. Buku ini menjelaskan prinsip-prinsip, tujuan, manfaat, serta implementasi MBS dalam dunia pendidikan. Dalam konteks ini, buku juga memperkenalkan peran guru, siswa, dan masyarakat dalam membangun lingkungan sekolah yang kondusif dan berkelanjutan. Buku ini ditulis oleh Dr. Muhammad Husni, M.Pd.I. dan Hairul Puadi, M.A., dengan harapan dapat menjadi rujukan yang bermanfaat bagi para pembaca, terutama bagi para pendidik, calon pendidik, serta pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan. Dengan menggabungkan teori dan praktik, buku ini berusaha memberikan wawasan yang mendalam dan solusi yang konstruktif dalam menghadapi tantangan perkembangan remaja dan transformasi pendidikan di era modern.