Kurikulum Hakikat Fondasi Desain dan Pengembangan memapar dan mendiskusikan semua aspek pengembangan kurikulum ditinjau dari perspektif leoretis konseptual dan praktis aplikatif dalam pembelajaran Paparan tersebut bermanFaat bagi peningkatan pemahaman pendidik pengembang kurikulum widyaiswara dan praktisi pendidikan lain serta mahasiswa kependidikan tentang teori dan praktik kurikulum Dimensi teoretis mencakup uraian tentang pengaruh empat fondasi utama kurikulum filosofis historis psikologis dan sosio kultural dilengkapi diskusi tentang arahan fondasi tersebut pada kurikulum yang menyiapkan peserta didik mampu fungsional dalam kehidupan di masyarakat global dan digital serta masyarakat masa depan yang cepat berubah Dimensi praktis terkait implementasi kurikulum dalam pembelajaran meliputi hakikat implementasi kurikulum sebagai inovasi dan perubahan kurikulum termasuk faktor faktor yang memicu perlunya perubahan kurikulum dan yang menghambat implementasinya dalam pembelajaran Uraian juga membuat strategi penanggulangan hambatan tersebut bagi kelancaran implementasi kurikulum baru dalam pembelajaran Pada bagian akhir buku dipaparkan uraian tentang evaluasi kurikulum mencakup hakikat dasar peran Fungsi pendekatan instrumen dan model model evaluasi Evaluasi bagian integral dari kurikulum bermanfaat sebagai an early warning system atas kesehatan pendidikan Sebab hasil evaluasi sangat strategis membantu pendidik pengembang dan praktisi pendidikan dalam menetapkan strategi yang tepal bagi peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran secara berkesinambungan Selain bagi pendidik seperti guru sekolah dasar sekolah menengah widyaiswara dan dosen buku ini juga bermanfaat bagi kepala sekolah sebagai penanggung jawab kelancaran pelaksanaan dan peningkatan kurikulum Hal itu berguna membantu kepala sekolah agar dapat berfungsi dengan baik bukan hanya sebagai an administrative eader tetapi juga sebagai an instructional leaderdi satuan pendidikan yang dipimpinnya Kurikulum Hakikat Fondasi Desain dan Pengembangan memapar dan mendiskusikan semua aspek pengembangan kurikulum ditinjau dari perspektif leoretis konseptual dan praktis aplikatif dalam pembelajaran Paparan tersebut bermanFaat bagi peningkatan pemahaman pendidik pengembang kurikulum widyaiswara dan praktisi pendidikan lain serta mahasiswa kependidikan tentang teori dan praktik kurikulum Dimensi teoretis mencakup uraian tentang pengaruh ...empat fondasi utama kurikulum filosofis historis psikologis dan sosio kultural dilengkapi diskusi tentang arahan fondasi tersebut pada kurikulum yang menyiapkan peserta didik mampu fungsional dalam kehidupan di masyarakat global dan digital serta masyarakat masa depan yang cepat berubah Dimensi praktis terkait implementasi kurikulum dalam pembelajaran meliputi hakikat implementasi kurikulum sebagai inovasi dan perubahan kurikulum termasuk faktor faktor yang memicu perlunya perubahan kurikulum dan yang menghambat implementasinya dalam pembelajaran Uraian juga membuat strategi penanggulangan hambatan tersebut bagi kelancaran implementasi kurikulum baru dalam pembelajaran Pada bagian akhir buku dipaparkan uraian tentang evaluasi kurikulum mencakup hakikat dasar peran Fungsi pendekatan instrumen dan model model evaluasi Evaluasi bagian integral dari kurikulum bermanfaat sebagai an early warning system atas kesehatan pendidikan Sebab hasil evaluasi sangat strategis membantu pendidik pengembang dan praktisi pendidikan dalam menetapkan strategi yang tepal bagi peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran secara berkesinambungan Selain bagi pendidik seperti guru sekolah dasar sekolah menengah widyaiswara dan dosen buku ini juga bermanfaat bagi kepala sekolah sebagai penanggung jawab kelancaran pelaksanaan dan peningkatan kurikulum Hal itu berguna membantu kepala sekolah agar dapat berfungsi dengan baik bukan hanya sebagai an administrative eader tetapi juga sebagai an instructional leaderdi satuan pendidikan yang dipimpinnya