Sinopsis Buku: Buku ini berjudul *Pengantar Pembelajaran Berdiferensiasi*, yang ditulis oleh Jenri Ambarita, M.Pd.K., dan Pitri Solida Simanullang. Buku ini hadir sebagai panduan bagi para pendidik dalam memahami dan menerapkan pembelajaran yang memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik. Penulis menjelaskan bahwa pembelajaran berdiferensiasi bukanlah hal yang baru dalam dunia pendidikan, tetapi masih belum menjadi fokus utama bagi banyak guru. Dalam konteks kurikulum merdeka, pembelajaran berdiferensiasi menjadi salah satu komponen yang harus diimplementasikan secara efektif. Buku ini menjelaskan konsep pembelajaran berdiferensiasi secara menyeluruh, termasuk empat aspek utama yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran, yaitu *differensiasi konten*, *differensiasi proses*, *differensiasi produk*, dan *lingkungan belajar*. Penulis menekankan bahwa pembelajaran yang efektif harus disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik individu peserta didik, bukan hanya berorientasi pada kebiasaan atau preferensi guru. Selain itu, buku ini juga memberikan gambaran tentang tantangan yang sering dihadapi para pendidik dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, seperti jumlah siswa yang terlalu banyak dan rasio guru yang tidak seimbang. Penulis menjelaskan bahwa pembelajaran berdiferensiasi bertujuan untuk memerdekakan peserta didik, bukan membuat mereka menjadi tawanan dalam lingkungan belajar yang tidak sesuai dengan kemampuan dan minat mereka. Dengan pendekatan yang jelas dan praktis, buku ini diharapkan dapat menjadi referensi yang berguna bagi para guru, khususnya dalam menghadapi tantangan pembelajaran di era kurikulum merdeka. Buku ini merupakan edisi pertama yang membahas konsep pembelajaran berdiferensiasi secara menyeluruh, dengan harapan dapat membuka wawasan dan kemampuan para pendidik dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung pertumbuhan peserta didik secara optimal.
Buku Pengantar Pembelajaran Berdiferensiasi memiliki materi materi yang sangat penting untuk dipelajari oleh semua kalangan Tidak hanya para pendidik melainkan juga bagi orang tua dan peserta didik itu sendiri Dalam buku ini para pembaca akan menemukan konsep dasar atau modal dasar yang harus dimiliki oleh seorang pendidik ketika hendak menerapkan pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik Dalam buku ini para pendidik akan memahami kompetensi apa yang harus dimiliki dan keterampilan apa yang harus dikuasai oleh pendidik sebelum menerapkan pembelajaran berdiferensiasi Saat ini masih ada pemahaman yang keliru terhadap penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang menimbulkan pro dan kontra Selain itu ada banyak guru yang mengatakan masih ragu bahkan belum paham apa itu pembelajaran berdifferensiasi bagaimana penerapannya dan apa manfaatnya dalam pembelajaran Oleh sebab itu buku ini hadir sebagai satu solusi bagi dunia pendidikan untuk menciptakan pembelajaran yang mampu mengakomodir keragaman peserta didik Buku ini masih sebagai pengantar dari pembelajaran diferensiasi dan tentunya akan hadir Kembali buku pelengkap selanjutnya yaitu Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Era Digital Pastikan miliki buku ini untuk membantu bapa ibu guru mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan
Jumlah Halaman | 92 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Penerbit Adab |
Tahun Terbit | 2023 |
ISBN | 978-623-497-295-5 |
eISBN | 978-623-497-506-2 (P |