insentif digunakan menunjukkan bahwa mereka dapat dipercaya Sesuai dengan ideal manajemen pemimpin administratif adalah fungsi dan otoritas yang diberi wewenang dapat memilih bagaimana tujuan harus dicapai dan juga mengendalikan orang lain atas nama eksekutif politik Namun mereka juga lebih tunduk pada pengawasan para pemimpin politik daripada sebelumnya misalnya melalui berbagai jenis kontrak Inkonsistensi ini mungkin menjadi salah satu alasan utama mengapa beberapa penelitian menyimpulkan bahwa NPM menghasilkan lebih banyak bukan lebih sedikit kompleksitas dan birokrasi l J e Bouckaert 2004 3 PRASYARAT KEBIJAKAN CERDAS Dua komponen utama menentukan keberhasilan kebijakan cerdas dalam praktek kelayakan dan diinginkan March dan Olsen 1983 l J e Bouckaert 2004 26 Kelayakan menyangkut kualitas pemikiran organisasi di balik NPM dan potensi untuk mengendalikan proses reformasi dan pelaksanaannya Diinginkan adalah tentang apa jenis masyarakat dan sistem administratif politik yang lebih disukai Kelayakan dapat dihubungkan dengan apa yang disebut Dahl dan Lindblom 1953 58 kalkulasi rasional yaitu kualitas organisasi atau pemikiran alat tujuan Apakah ide ide utama NPM didasarkan pada hubungan yang cukup kuat antara ide ekonomi manajemen dan solusi organisasi untuk memajukan kebijakan cerdas Boston dkk 1996 16 35 menunjukkan bahwa ide ide dasar ekonomi dalam NPM dapat diterjemahkan ke dalam beberapa bentuk organisasi yang berbeda yaitu bertentangan dengan argumen banyak pengusaha reformasi ide ide NPM tidak menawarkan satu solusi terbaik Selain itu NPM mencakup banyak teori ekonomi yang berbeda yang semakin merumitkan pertanyaan kelayakan Perlu ditambahkan di sini adalah ketidaksesuaian antara teori ekonomi dan manajemen yang ditunjukkan di atas Kesimpulan yang masuk akal karena itu adalah teori teori dan ide ide di balik NPM kurang berkembang dan tidak memberikan dasar yang memuaskan untuk solusi dan upaya reformasi nyata Aspek lain dari pertanyaan kelayakan adalah apakah mungkin untuk c e J l J 0 J e J c c e J l c Je e GJe c faktor lain tidak penting Ini tampaknya sangat tidak mungkin karena sistem administratif politik mencakup banyak pertimbangan lain yang sah Hesse Hood dan Peters 2003 menarik perbedaan antara efek e G e y V e c 0 J e J e Y c yJe e mempertimbangkan apakah reformasi membawa hasil yang diinginkan 6insentif digunakan menunjukkan bahwa mereka dapat dipercaya Sesuai dengan ideal manajemen pemimpin administratif adalah fungsi dan otoritas yang diberi wewenang dapat memilih bagaimana tujuan harus dicapai dan juga mengendalikan orang lain atas nama eksekutif politik Namun mereka juga lebih tunduk pada pengawasan para pemimpin politik daripada sebelumnya misalnya melalui berbagai jenis ...kontrak Inkonsistensi ini mungkin menjadi salah satu alasan utama mengapa beberapa penelitian menyimpulkan bahwa NPM menghasilkan lebih banyak bukan lebih sedikit kompleksitas dan birokrasi l J e Bouckaert 2004 3 PRASYARAT KEBIJAKAN CERDAS Dua komponen utama menentukan keberhasilan kebijakan cerdas dalam praktek kelayakan dan diinginkan March dan Olsen 1983 l J e Bouckaert 2004 26 Kelayakan menyangkut kualitas pemikiran organisasi di balik NPM dan potensi untuk mengendalikan proses reformasi dan pelaksanaannya Diinginkan adalah tentang apa jenis masyarakat dan sistem administratif politik yang lebih disukai Kelayakan dapat dihubungkan dengan apa yang disebut Dahl dan Lindblom 1953 58 kalkulasi rasional yaitu kualitas organisasi atau pemikiran alat tujuan Apakah ide ide utama NPM didasarkan pada hubungan yang cukup kuat antara ide ekonomi manajemen dan solusi organisasi untuk memajukan kebijakan cerdas Boston dkk 1996 16 35 menunjukkan bahwa ide ide dasar ekonomi dalam NPM dapat diterjemahkan ke dalam beberapa bentuk organisasi yang berbeda yaitu bertentangan dengan argumen banyak pengusaha reformasi ide ide NPM tidak menawarkan satu solusi terbaik Selain itu NPM mencakup banyak teori ekonomi yang berbeda yang semakin merumitkan pertanyaan kelayakan Perlu ditambahkan di sini adalah ketidaksesuaian antara teori ekonomi dan manajemen yang ditunjukkan di atas Kesimpulan yang masuk akal karena itu adalah teori teori dan ide ide di balik NPM kurang berkembang dan tidak memberikan dasar yang memuaskan untuk solusi dan upaya reformasi nyata Aspek lain dari pertanyaan kelayakan adalah apakah mungkin untuk c e J l J 0 J e J c c e J l c Je e GJe c faktor lain tidak penting Ini tampaknya sangat tidak mungkin karena sistem administratif politik mencakup banyak pertimbangan lain yang sah Hesse Hood dan Peters 2003 menarik perbedaan antara efek e G e y V e c 0 J e J e Y c yJe e mempertimbangkan apakah reformasi membawa hasil yang diinginkan 6