Buku ekoliterasi ini ditulis sebagai upaya meningkatkan atau menumbuhkan ekoliterasi di tengah kekurangpedulian generasi muda terhadap lingkungan Buku berjudul Ekoliterasi dalam Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Terintegrasi Kurikulum Merdeka Belajar tidak hanya memberikan referensi berupa teori tetapi juga memberikan referensi berupa praktik dalam menyiapkan media pembelajaran berwawasan lingkungan dan langkah mengintegrasikan dalam pembelajaran Ekoliterasi ditumbuhkan melalui media pembelajaran yang diintegrasikan dalam pelajaran Bahasa Indonesia Media pembelajaran merupakan sarana untuk menyalurkan pesan yang disampaikan oleh guru kepada siswa Pemanfaatan media guru harus melihat tujuan yang akan dicapai materi pembelajaran yang mendukung tercapainya tujuan tersebut serta strategi belajar mengajar yang sesuai Pembelajaran Bahasa Indonesia adalah wahana yang tepat untuk menyajikan pembelajaran berbasis konten Content Based Learning karena merupakan pembelajaran berbasis teks Bahasa Indonesia menyajikan materi berbentuk teks teks yang dapat diisi konten konten ekoliterasi Buku ini terdiri dari delapan aspek penting yang dituliskan dalam setiap bab diantaranya a Konsep Dasar Media Pembelajaran b Pengembangan Media Pembelajaran c Media Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar d Konsep Dasar Teknologi Digital e Teknologi Digital dalam Pembelajaran Pembelajaran bahasa Indonesia dirancang sebagai pembelajaran berbasis teks yang memiliki daya jangkauan yang luas Buku ekoliterasi ini ditulis sebagai upaya meningkatkan atau menumbuhkan ekoliterasi di tengah kekurangpedulian generasi muda terhadap lingkungan Buku berjudul Ekoliterasi dalam Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Terintegrasi Kurikulum Merdeka Belajar tidak hanya memberikan referensi berupa teori tetapi juga memberikan referensi berupa praktik dalam menyiapkan media pembelajaran berwawasan lingkungan dan langkah mengintegrasikan dalam ...pembelajaran Ekoliterasi ditumbuhkan melalui media pembelajaran yang diintegrasikan dalam pelajaran Bahasa Indonesia Media pembelajaran merupakan sarana untuk menyalurkan pesan yang disampaikan oleh guru kepada siswa Pemanfaatan media guru harus melihat tujuan yang akan dicapai materi pembelajaran yang mendukung tercapainya tujuan tersebut serta strategi belajar mengajar yang sesuai Pembelajaran Bahasa Indonesia adalah wahana yang tepat untuk menyajikan pembelajaran berbasis konten Content Based Learning karena merupakan pembelajaran berbasis teks Bahasa Indonesia menyajikan materi berbentuk teks teks yang dapat diisi konten konten ekoliterasi Buku ini terdiri dari delapan aspek penting yang dituliskan dalam setiap bab diantaranya a Konsep Dasar Media Pembelajaran b Pengembangan Media Pembelajaran c Media Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar d Konsep Dasar Teknologi Digital e Teknologi Digital dalam Pembelajaran Pembelajaran bahasa Indonesia dirancang sebagai pembelajaran berbasis teks yang memiliki daya jangkauan yang luas