EFFECTIVE TEACHING THEORY AND PRACTICE 1 Pendahuluan Buku ini menelaah aspek aspek kegiatan belajar mengajar di sekolah yang penting bagi pengajaran efektif effective teaching Sebagian orang beropini setiap guru yang mengetahui mata pelajarannya berarti ia bisa mengajar Ini sama sekali tidak benar Pengajaran efektif mencakup pemahaman yang memadai tentang bagaimana dan mengapa aktivitas tertentu mengarah pada terjadinya pembelajaran dan faktor faktor apa yang mempengaruhi efektivitasnya Para guru menggunakan segenap keahlian mengajar mereka untuk memastikan agar pembelajaran berlangsung secara efektif Hanya kombinasi dari pengetahuan tentang mata pelajaran dan pemahaman tentang karakteristik pengajaran efektif sajalah yang bisa menjadi fondasi kuat bagi efektivitas Tiga tugas pokok pendidikan guru adalah untuk membantu para guru agar memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang pengajaran efektif untuk membantu para guru agar mengembangkan keahlian dasar yang terwujud dalam pengajaran ruang kelas untuk membantu para guru agar secara kritis merenungkan dan mengevaluasi pengajaran mereka 1EFFECTIVE TEACHING THEORY AND PRACTICE 1 Pendahuluan Buku ini menelaah aspek aspek kegiatan belajar mengajar di sekolah yang penting bagi pengajaran efektif effective teaching Sebagian orang beropini setiap guru yang mengetahui mata pelajarannya berarti ia bisa mengajar Ini sama sekali tidak benar Pengajaran efektif mencakup pemahaman yang memadai tentang bagaimana dan ...mengapa aktivitas tertentu mengarah pada terjadinya pembelajaran dan faktor faktor apa yang mempengaruhi efektivitasnya Para guru menggunakan segenap keahlian mengajar mereka untuk memastikan agar pembelajaran berlangsung secara efektif Hanya kombinasi dari pengetahuan tentang mata pelajaran dan pemahaman tentang karakteristik pengajaran efektif sajalah yang bisa menjadi fondasi kuat bagi efektivitas Tiga tugas pokok pendidikan guru adalah untuk membantu para guru agar memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang pengajaran efektif untuk membantu para guru agar mengembangkan keahlian dasar yang terwujud dalam pengajaran ruang kelas untuk membantu para guru agar secara kritis merenungkan dan mengevaluasi pengajaran mereka 1