Proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik jika siswa diajak untuk memanfaatkan alat inderanya baik pendengaran maupun pengamatan Menyanyi merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat merangsang indera pendengaran sehingga peserta didik mampu menerima dan menyerap informasi dengan mudah Belajar melalui lagu membuat suasana menjadi lebih santai dan menyenangkan sehingga dapat mengurangi ketegangan dan pembelajaran lebih termotivasi untuk belajar materi yang diajarkanpun mudah diserap karena tanpa sadar mereka akan terus mengulanginya Penggunaan lagu islami dalam pembelajaran PAI dapat dibedakan antara bernyanyi sambil belajar dan belajar sambil bernyanyi Pada konsep pertama lagu digunakan sebagai penunjang pengajaran PAI secara umum termasuk untuk pengayaan dan motivasi Sedang pada konsep yang kedua lagu digunakan sebagai penunjang pengajaran secara spesifik karena isi lagu merujuk pada materi pelajaran Proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik jika siswa diajak untuk memanfaatkan alat inderanya baik pendengaran maupun pengamatan Menyanyi merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat merangsang indera pendengaran sehingga peserta didik mampu menerima dan menyerap informasi dengan mudah Belajar melalui lagu membuat suasana menjadi lebih santai dan menyenangkan sehingga dapat ...mengurangi ketegangan dan pembelajaran lebih termotivasi untuk belajar materi yang diajarkanpun mudah diserap karena tanpa sadar mereka akan terus mengulanginya Penggunaan lagu islami dalam pembelajaran PAI dapat dibedakan antara bernyanyi sambil belajar dan belajar sambil bernyanyi Pada konsep pertama lagu digunakan sebagai penunjang pengajaran PAI secara umum termasuk untuk pengayaan dan motivasi Sedang pada konsep yang kedua lagu digunakan sebagai penunjang pengajaran secara spesifik karena isi lagu merujuk pada materi pelajaran