Kurikulum proses pembelajaran dan penilaian merupakan tiga dimensi dari sekian banyak dimensi yang sangat penting dalam pendidikan Ketiga dimensi tersebut saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya Kurikulum merupakan penjabaran tujuan pendidikan yang menjadi landasan program pembelajaran proses pembelajaran merupakan upaya yang dilakukan guru untuk mencapai tujuan yang dirumuskan dalam kurikulum Penilaian merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengukur dan menilai tingkat pencapaian kurikulum dan berhasil tidaknya proses pembelajaran Penilaian juga digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan yang ada dalam proses pembelajaran sehingga dapat dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan misalnya Apakah proses pembelajaran sudah baik dan dapat dilanjutkan atau masih perlu perbaikan dan penyempurnaan Oleh sebab itu di samping kurikulum yang cocok dan proses pembelajaran yang benar ada sistem penilaian yang baik dan terencanaKurikulum proses pembelajaran dan penilaian merupakan tiga dimensi dari sekian banyak dimensi yang sangat penting dalam pendidikan Ketiga dimensi tersebut saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya Kurikulum merupakan penjabaran tujuan pendidikan yang menjadi landasan program pembelajaran proses pembelajaran merupakan upaya yang dilakukan guru untuk mencapai tujuan yang dirumuskan dalam kurikulum ...Penilaian merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengukur dan menilai tingkat pencapaian kurikulum dan berhasil tidaknya proses pembelajaran Penilaian juga digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan yang ada dalam proses pembelajaran sehingga dapat dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan misalnya Apakah proses pembelajaran sudah baik dan dapat dilanjutkan atau masih perlu perbaikan dan penyempurnaan Oleh sebab itu di samping kurikulum yang cocok dan proses pembelajaran yang benar ada sistem penilaian yang baik dan terencana