Sinopsis Buku: Buku *Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah* ini membahas pentingnya pembentukan karakter siswa dalam konteks pendidikan yang berakar pada budaya sekolah. Buku ini terdiri dari lima bab yang terstruktur secara sistematis, yaitu: - Bab I: Problematika Karakter di Indonesia – Menganalisis tantangan dan masalah yang dihadapi dalam pembentukan karakter di tengah masyarakat dan lingkungan pendidikan saat ini. - Bab II: Karakter – Mendefinisikan hakikat karakter, nilai-nilai karakter, serta cara membangun karakter yang baik dan menjadi bagian dari karakter bangsa. - Bab III: Pendidikan Karakter – Menjelaskan konsep, urgensi, konteks makro dan mikro, serta model pendidikan karakter yang dapat diterapkan dalam sistem pendidikan. - Bab IV: Budaya Sekolah – Mengupas peran budaya sekolah sebagai wadah pengembangan karakter siswa, serta bagaimana budaya sekolah dapat menjadi pengaruh positif dalam proses pendidikan. - Bab V: Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah – Menyajikan pendekatan pendidikan karakter yang berbasis budaya sekolah, dengan penekanan pada integrasi nilai-nilai budaya sekolah dalam pembentukan karakter siswa. Buku ini juga dilengkapi dengan gambar-gambar yang mendukung pemahaman tentang konsep karakter, nilai-nilai karakter, serta contoh-contoh praktis dalam penerapan pendidikan karakter. Buku ini merupakan upaya penulis untuk memperkenalkan pendekatan pendidikan karakter yang lebih holistik dan berakar pada budaya sekolah, sehingga mampu membentuk generasi yang memiliki nilai-nilai karakter yang baik dan menjadi bagian dari bangsa yang lebih baik.
Sinopsis Buku: Buku *Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah* ini membahas pentingnya pembentukan karakter siswa dalam konteks pendidikan yang berakar pada budaya sekolah. Buku ini terdiri dari lima bab yang terstruktur secara sistematis, yaitu: - Bab I: Problematika Karakter di Indonesia – Menganalisis tantangan dan masalah yang dihadapi dalam pembentukan karakter di tengah masyarakat dan lingkungan pendidikan saat ini. - Bab II: Karakter – Mendefinisikan hakikat karakter, nilai-nilai karakter, serta cara membangun karakter yang baik dan menjadi bagian dari karakter bangsa. - Bab III: Pendidikan Karakter – Menjelaskan konsep, urgensi, konteks makro dan mikro, serta model pendidikan karakter yang dapat diterapkan dalam sistem pendidikan. - Bab IV: Budaya Sekolah – Mengupas peran budaya sekolah sebagai wadah pengembangan karakter siswa, serta bagaimana budaya sekolah dapat menjadi pengaruh positif dalam proses pendidikan. - Bab V: Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah – Menyajikan pendekatan pendidikan karakter yang berbasis budaya sekolah, dengan penekanan pada integrasi nilai-nilai budaya sekolah dalam pembentukan karakter siswa. Buku ini juga dilengkapi dengan gambar-gambar yang mendukung pemahaman tentang konsep karakter, nilai-nilai karakter, serta contoh-contoh praktis dalam penerapan pendidikan karakter. Buku ini merupakan upaya penulis untuk memperkenalkan pendekatan pendidikan karakter yang lebih holistik dan berakar pada budaya sekolah, sehingga mampu membentuk generasi yang memiliki nilai-nilai karakter yang baik dan menjadi bagian dari bangsa yang lebih baik.
Jumlah Halaman | 98 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-248-969-1 |
eISBN |