Kurikulum Merdeka telah digulirkan Paradigma pembelajaran aktif dan kreatif yang berpusat pada siswa dengan memperhatikan tantangan era disrupsi kian ditekankan Perubahan kurikulum diharapkan berdampak pula pada pola pikir para pendidik dalam mentransfer pengetahuan pada para peserta didiknya Pendidik dituntut untuk terus belajar dan melakukan berbagai inovasi pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman Bahasa Indonesia adalah salah satu mata pelajaran wajib yang tidak saja diharapkan mampu menghela mata pelajaran lain tetapi juga mampu membekali peserta didiknya dengan pengetahuan dan keterampilan Pengetahuan dan keterampilan yang diberikan itu diharapkan dapat bermanfaat bagi kehidupan peserta didik pada masa kini serta yang akan datang Buku ini berisi materi pembelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas X Fase E yang telah disesuaikan dengan Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Sajian buku dirancang dalam bentuk berbagai aktivitas pembelajaran guna mendukung ketercapaian kompetensi dalam Capaian Pembelajaran peserta didik pada Fase E Kurikulum Merdeka telah digulirkan Paradigma pembelajaran aktif dan kreatif yang berpusat pada siswa dengan memperhatikan tantangan era disrupsi kian ditekankan Perubahan kurikulum diharapkan berdampak pula pada pola pikir para pendidik dalam mentransfer pengetahuan pada para peserta didiknya Pendidik dituntut untuk terus belajar dan melakukan berbagai inovasi pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan ...zaman Bahasa Indonesia adalah salah satu mata pelajaran wajib yang tidak saja diharapkan mampu menghela mata pelajaran lain tetapi juga mampu membekali peserta didiknya dengan pengetahuan dan keterampilan Pengetahuan dan keterampilan yang diberikan itu diharapkan dapat bermanfaat bagi kehidupan peserta didik pada masa kini serta yang akan datang Buku ini berisi materi pembelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas X Fase E yang telah disesuaikan dengan Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Sajian buku dirancang dalam bentuk berbagai aktivitas pembelajaran guna mendukung ketercapaian kompetensi dalam Capaian Pembelajaran peserta didik pada Fase E