Seseorang untuk menjadikan manusia seutuhnya melalui proses belajar latihan dan praktikum Pendidikan pada dasarnya memiliki beberapa komponen di antaranya komponen konten teks input proses output dan outcome Komponen komponen tersebut dapat memengaruhi proses pembelajaran apabila komponen komponen tersebut dijalankan sesuai dengan fungsi dan tugasnya secara optimal maka tujuan pembelajaran akan tercapai Pembelajaran merupakan suatu proses yang kompleks di mana dalam pembelajaran terdiri dari komponen komponen pembelajaran secara terintegrasi antara lain seperti tujuan pembelajaran atau kompetensi yang harus dicapai siswa materi yang akan menjadi bahan ajar bagi siswa metode media dan sumber pembelajaran evaluasi siswa guru dan lingkungan pembelajaran lainnya Setiap komponen pembelajaran tersebut memiliki karakteristik yang khusus dan antara satu komponen dengan komponen lainnya saling terkait dan memengaruhi proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran Dalam kegiatan belajar mengajar pengukuran hasil belajar dimaksudkan untuk mengetahui seberapa jauh perubahan tingkah laku siswa setelah proses belajar Hasil pengukuran tersebut berwujud angka ataupun pernyataan yang mencerminkan tingkat penguasaan materi pelajaran yang lebih dikenal dengan prestasi belajar Untuk dapat mengevaluasi dengan baik kita harus melakukan pengukuran dengan baik pula Untuk dapat mengukur dengan baik kita harus menggunakan alat ukur yang baik dan sesuai dengan apa yang akan diukur Adapun alat untuk mengukur kegiatan pendidikan khususnya hasil belajar dapat dibedakan menjadi tes dan non tes Buku ini akan mengupas konsep yang berkaitan dengan penyusunan instrumen penelitian Selain itu dalam buku ini akan menyajikan hal hal yang berkaitan dengan ruang lingkup penelitian pendidikan serta memberikan contoh instrumen penelitian Pada buku ini akan dibahas beberapa materi tentang pendidikan sebagai subjek dan objek penelitian pentingnya instrumen divalidasi jenis instrumen penelitian skala dan penskoran instrumen penelitian penyusunan perangkat instrumen dan validasi instrumen penelitian Diharapkan buku ini nantinya akan berdampak kepada pemahaman calon pendidik untuk menguasai penyusunan instrumen penelitian pendidikan Seseorang untuk menjadikan manusia seutuhnya melalui proses belajar latihan dan praktikum Pendidikan pada dasarnya memiliki beberapa komponen di antaranya komponen konten teks input proses output dan outcome Komponen komponen tersebut dapat memengaruhi proses pembelajaran apabila komponen komponen tersebut dijalankan sesuai dengan fungsi dan tugasnya secara optimal maka tujuan pembelajaran akan tercapai ...Pembelajaran merupakan suatu proses yang kompleks di mana dalam pembelajaran terdiri dari komponen komponen pembelajaran secara terintegrasi antara lain seperti tujuan pembelajaran atau kompetensi yang harus dicapai siswa materi yang akan menjadi bahan ajar bagi siswa metode media dan sumber pembelajaran evaluasi siswa guru dan lingkungan pembelajaran lainnya Setiap komponen pembelajaran tersebut memiliki karakteristik yang khusus dan antara satu komponen dengan komponen lainnya saling terkait dan memengaruhi proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran Dalam kegiatan belajar mengajar pengukuran hasil belajar dimaksudkan untuk mengetahui seberapa jauh perubahan tingkah laku siswa setelah proses belajar Hasil pengukuran tersebut berwujud angka ataupun pernyataan yang mencerminkan tingkat penguasaan materi pelajaran yang lebih dikenal dengan prestasi belajar Untuk dapat mengevaluasi dengan baik kita harus melakukan pengukuran dengan baik pula Untuk dapat mengukur dengan baik kita harus menggunakan alat ukur yang baik dan sesuai dengan apa yang akan diukur Adapun alat untuk mengukur kegiatan pendidikan khususnya hasil belajar dapat dibedakan menjadi tes dan non tes Buku ini akan mengupas konsep yang berkaitan dengan penyusunan instrumen penelitian Selain itu dalam buku ini akan menyajikan hal hal yang berkaitan dengan ruang lingkup penelitian pendidikan serta memberikan contoh instrumen penelitian Pada buku ini akan dibahas beberapa materi tentang pendidikan sebagai subjek dan objek penelitian pentingnya instrumen divalidasi jenis instrumen penelitian skala dan penskoran instrumen penelitian penyusunan perangkat instrumen dan validasi instrumen penelitian Diharapkan buku ini nantinya akan berdampak kepada pemahaman calon pendidik untuk menguasai penyusunan instrumen penelitian pendidikan