Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara komprehensif tentang perlindungan hukum dan manajemen pemasaran produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia, terutama dalam konteks kenaikan daya saing dan keterbukaan pasar akibat Masuknya Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). Buku ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang aspek hukum yang relevan dalam melindungi hak kekayaan intelektual (HKI), termasuk paten, merek, dan branding, serta menjelaskan pentingnya perlindungan hukum untuk produk UMKM yang berasal dari *traditional knowledge* dalam menghadapi produk farmasi dan obat herbal impor. Selain itu, buku ini juga membahas aspek manajemen produk hukum, termasuk pengertian dan fungsi manajemen, manajemen organisasi, operasional, dan pemasaran. Buku ini juga menyajikan strategi pemasaran yang efektif untuk UMKM, seperti analisis lingkungan pemasaran, segmentasi, positioning, dan strategi bauran pemasaran (marketing mix). Terdapat pula pembahasan mengenai sertifikasi produk, label halal, peluang hukum dalam transaksi e-commerce, serta hak merek dalam waralaba. Dengan pendekatan yang terstruktur dan berbasis penelitian, buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi mahasiswa, akademisi, praktisi, serta pelaku UMKM yang ingin memperkaya pengetahuan dan meningkatkan kinerja bisnis mereka dalam era globalisasi. Buku ini juga membantu dalam membangun kekuatan ekonomi lokal, melalui pengembangan UMKM yang berkelanjutan dan berdaya saing tinggi.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara komprehensif tentang perlindungan hukum dan manajemen pemasaran produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia, terutama dalam konteks kenaikan daya saing dan keterbukaan pasar akibat Masuknya Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). Buku ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang aspek hukum yang relevan dalam melindungi hak kekayaan intelektual (HKI), termasuk paten, merek, dan branding, serta menjelaskan pentingnya perlindungan hukum untuk produk UMKM yang berasal dari *traditional knowledge* dalam menghadapi produk farmasi dan obat herbal impor. Selain itu, buku ini juga membahas aspek manajemen produk hukum, termasuk pengertian dan fungsi manajemen, manajemen organisasi, operasional, dan pemasaran. Buku ini juga menyajikan strategi pemasaran yang efektif untuk UMKM, seperti analisis lingkungan pemasaran, segmentasi, positioning, dan strategi bauran pemasaran (marketing mix). Terdapat pula pembahasan mengenai sertifikasi produk, label halal, peluang hukum dalam transaksi e-commerce, serta hak merek dalam waralaba. Dengan pendekatan yang terstruktur dan berbasis penelitian, buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi mahasiswa, akademisi, praktisi, serta pelaku UMKM yang ingin memperkaya pengetahuan dan meningkatkan kinerja bisnis mereka dalam era globalisasi. Buku ini juga membantu dalam membangun kekuatan ekonomi lokal, melalui pengembangan UMKM yang berkelanjutan dan berdaya saing tinggi.
Jumlah Halaman | 200 |
---|---|
Kategori | Ekonomi |
Penerbit | Empatdua Media |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-74226-9-8 |
eISBN |