Logo Bacabuku
Tulisan bersama tentang desain pembelajaran SD

Tulisan bersama tentang desain pembelajaran SD

3A PGSD
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini merupakan karya tulisan bersama yang dibuat oleh Kelas 3A PGSD, yang berisi berbagai topik penting dalam dunia pendidikan, khususnya terkait dengan desain pembelajaran untuk Sekolah Dasar (SD). Buku ini dirancang untuk menjadi sumber referensi yang komprehensif bagi para calon guru, guru, serta penyelenggara pendidikan yang ingin memahami konsep dasar dan praktek nyata dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang efektif dan bermakna. Isi buku ini mencakup berbagai bab yang membahas berbagai aspek kunci dalam pembelajaran SD, seperti karakteristik siswa SD, kebutuhan siswa, perkembangan anak usia dini, belajar yang bermakna, dan pandangan tentang anak SD. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang anak berkesulitan belajar, jenis kesulitan belajar, serta pembelajaran tematik yang sesuai dengan karakteristik perkembangan siswa. Bab-bab berikutnya membahas tentang alat penilaian hasil belajar, strategi instruksional, bahan ajar, konsep dasar mengajar, desain dan evaluasi formatif, serta implementasi desain, evaluasi sumatif, dan difusi inovasi. Buku ini juga menyajikan konsep-konsep tentang desain pembelajaran, termasuk pendahuluan, komponen desain pembelajaran, dan beberapa definisi yang diambil dari tokoh-tokoh pendidikan. Buku ini menjelaskan bahwa desain pembelajaran adalah prosedur kerja yang terstruktur yang mencakup tahapan-tahapan seperti analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, yang bertujuan untuk memastikan bahwa pembelajaran dapat dilaksanakan secara baik dan menghasilkan output yang optimal. Dengan berbagai topik yang disajikan secara terstruktur dan komprehensif, buku ini menjadi panduan yang bermanfaat bagi siapa pun yang ingin memahami dan menerapkan prinsip-prinsip desain pembelajaran dalam konteks pendidikan SD.

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku: Buku ini merupakan karya tulisan bersama yang dibuat oleh Kelas 3A PGSD, yang berisi berbagai topik penting dalam dunia pendidikan, khususnya terkait dengan desain pembelajaran untuk Sekolah Dasar (SD). Buku ini dirancang untuk menjadi sumber referensi yang komprehensif bagi para calon guru, guru, serta penyelenggara pendidikan yang ingin memahami konsep dasar dan praktek nyata dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang efektif dan bermakna. Isi buku ini mencakup berbagai bab yang membahas berbagai aspek kunci dalam pembelajaran SD, seperti karakteristik siswa SD, kebutuhan siswa, perkembangan anak usia dini, belajar yang bermakna, dan pandangan tentang anak SD. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang anak berkesulitan belajar, jenis kesulitan belajar, serta pembelajaran tematik yang sesuai dengan karakteristik perkembangan siswa. Bab-bab berikutnya membahas tentang alat penilaian hasil belajar, strategi instruksional, bahan ajar, konsep dasar mengajar, desain dan evaluasi formatif, serta implementasi desain, evaluasi sumatif, dan difusi inovasi. Buku ini juga menyajikan konsep-konsep tentang desain pembelajaran, termasuk pendahuluan, komponen desain pembelajaran, dan beberapa definisi yang diambil dari tokoh-tokoh pendidikan. Buku ini menjelaskan bahwa desain pembelajaran adalah prosedur kerja yang terstruktur yang mencakup tahapan-tahapan seperti analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, yang bertujuan untuk memastikan bahwa pembelajaran dapat dilaksanakan secara baik dan menghasilkan output yang optimal. Dengan berbagai topik yang disajikan secara terstruktur dan komprehensif, buku ini menjadi panduan yang bermanfaat bagi siapa pun yang ingin memahami dan menerapkan prinsip-prinsip desain pembelajaran dalam konteks pendidikan SD.

Detail Buku

Jumlah Halaman 332
Kategori Pendidikan
Penerbit CV JEJAK
Tahun Terbit 2019
ISBN 978-623-247-134-4
eISBN 978-623-247-135-1
Tulisan bersama tentang desain pembelajaran SD

Tulisan bersama tentang desain pembelajaran SD

3A PGSD