Gereja Katolik berpandangan bahwa pada awal mula Tuhan menciptakan segala sesuatu baik adanya sedangkan keburukan kejahatan itu merupakan perampasan kekurangan dari kebaikan sesuatu yang seharusnya ada tetapi de fakto tidak ada Berdasarkan rumusan ini penulis berkeyakinan bahwa hal buruk hal jahat itu bukan kekurangan atau perampasan dari hal baik melainkan kehadirannya di alam ciptaan ini sama dan sebangun yang diciptakan oleh Tuhan semesta alam dengan prinsip interaktif dialogal di dalam segala sesuatu dengan perintah barangsiapa mengikuti dan melakukan hal baik akan selamat sebaliknya barangsiapa dengan bebas mengikuti dan melakakukan hal buruk jahat akan dihukum Dan jika kemalangan kebobrokan kejahatan penderitaan dan kematian tidak diciptakan Tuhan lalu dari manakah asalnya Karena walaupun kehadiran hal hal ini bertentangan dengan kebaikan dan kemurahan Tuhan dan menyengsarakan kehidupan manusia di dunia ini tetapi semuanya ini harus dimasukkan dalam kedalaman keluasan dan ketakterbatasan Tuhan sebagai satu satunya sebab terakhir dari segala pertanyaan dan kerahimannya merangkul semua kepedihan yang terdalam serta keesaan Nya menyatukan semua misteri dan paradoks di dunia ini karena itulah kuasa Tuhan dalam penyelengaraan Nya jangan mengeluarkan dan mengurangkan sesuatupun dari ciptaan Nya Gereja Katolik berpandangan bahwa pada awal mula Tuhan menciptakan segala sesuatu baik adanya sedangkan keburukan kejahatan itu merupakan perampasan kekurangan dari kebaikan sesuatu yang seharusnya ada tetapi de fakto tidak ada Berdasarkan rumusan ini penulis berkeyakinan bahwa hal buruk hal jahat itu bukan kekurangan atau perampasan dari hal baik melainkan kehadirannya ...di alam ciptaan ini sama dan sebangun yang diciptakan oleh Tuhan semesta alam dengan prinsip interaktif dialogal di dalam segala sesuatu dengan perintah barangsiapa mengikuti dan melakukan hal baik akan selamat sebaliknya barangsiapa dengan bebas mengikuti dan melakakukan hal buruk jahat akan dihukum Dan jika kemalangan kebobrokan kejahatan penderitaan dan kematian tidak diciptakan Tuhan lalu dari manakah asalnya Karena walaupun kehadiran hal hal ini bertentangan dengan kebaikan dan kemurahan Tuhan dan menyengsarakan kehidupan manusia di dunia ini tetapi semuanya ini harus dimasukkan dalam kedalaman keluasan dan ketakterbatasan Tuhan sebagai satu satunya sebab terakhir dari segala pertanyaan dan kerahimannya merangkul semua kepedihan yang terdalam serta keesaan Nya menyatukan semua misteri dan paradoks di dunia ini karena itulah kuasa Tuhan dalam penyelengaraan Nya jangan mengeluarkan dan mengurangkan sesuatupun dari ciptaan Nya