Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dan prinsip pendidikan dalam perspektif ajaran Nabi Muhammad SAW, dengan fokus pada gagasan *transvaluasi* dalam konteks pendidikan Islam. Dalam buku ini, penulis Zaim Elmubarok menjelaskan bahwa *transvaluasi*—sebuah konsep yang awalnya dikembangkan oleh filsuf Jerman Friedrich Nietzsche—diterapkan dalam konteks pendidikan sebagai upaya untuk merevaluasi dan memperbarui nilai-nilai tradisional yang telah terbatasi, dengan menggantinya dengan nilai-nilai yang lebih menegaskan kehidupan dan pengembangan manusia secara utuh. Buku ini terdiri dari beberapa bab yang menjelaskan konsep pendidikan dalam Islam, seperti *ta’dib*, *tarbiyah*, dan *ta’lim*, serta menguraikan karakteristik dan metode ajaran Nabi Muhammad SAW dalam pendidikan nilai. Penulis juga menggambarkan Nabi Muhammad SAW sebagai sosok *educator* yang sempurna, dengan tujuh akhlak dan delapan pilar ajaran yang menjadi dasar pembentukan kepribadian Muslim yang paripurna (*kaffah*). Selain itu, buku ini menyajikan berbagai hadis yang relevan dengan metode pendidikan dalam lingkup mikro, serta hubungan antara ajaran Nabi Muhammad SAW dalam pendidikan nilai dengan pendidikan umum. Dengan pendekatan yang ilmiah dan komprehensif, buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi para pendidik, pelajar, dan peneliti yang tertarik memahami visi pendidikan Islam yang berakar pada ajaran Nabi Muhammad SAW.
E Muhammad SAW Spiritualis dan Pendidik yang Sukses 212 F Metodologi Pendidikan Spiritual Muhammad SAW 218 G Ajaran Nabi Muhammad adalah Pendidikan NonFormal dan Informal Berbasis Masyarakat Ummah 221 Daftar Pustaka 239 viii Transvaluasi Nabi Muhammad SAW dalam Pendidikan
Jumlah Halaman | 257 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Lontar Mediatama |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-5482-75-5 |
eISBN |