Peningkatan produktivitas itu dibangun berdasarkan kualitas sumber daya manusia motivasi dan teknologi informasi yang syarat dengan perubahan yang sangat cepat Untuk meningkatkan produktivitas maka setiap orang maupun perusahaan harus berkompetisi agar tetap menjadi yang terdepan Adapun pusat perhatiannya adalah pelanggan costumer Semakin kritisnya masyarakat costumer pada era modern seperti sekarang ini menuntut setiap organisasi atau perusahaan untuk selalu berkomitmen menyusun strategi perencanaan menyusun inovasi dan implementasi secara realistis sehingga setiap kelemahan dan ancaman dapat dijadikan sebagai tantangan dan peluang untuk meraih keberhasilan Ternyata untuk mencapai peningkatan produktivitas dan TQM kita harus mengerahkan segenap kemampuan yang ada dengan melakukan reformasi manajemen secara menyuruh meskipun berangkat dari suatu yang kecil agar kelemahan dan kesalahan dapat menjadi peluang dan tantangan sebagaimana disebutkan dalam fi losofi TQM yaitu fokus pada pelanggan obsesi untuk selalu meningkatkan mutu kerja memperbaiki kerja secara berkelanjutan berorientasi ke depan Hal dapat dicapai bila seluruh komponen berkomitmen meningkatkan pelayanan yang terbaik sehingga dapat memenuhi keinginan dan kepuasan pelanggan melalui perbaikanperbaikan yang terus menerus melalui strategi perencanaan metode prosedur konsep empiris yang logis dan realistis Peningkatan produktivitas itu dibangun berdasarkan kualitas sumber daya manusia motivasi dan teknologi informasi yang syarat dengan perubahan yang sangat cepat Untuk meningkatkan produktivitas maka setiap orang maupun perusahaan harus berkompetisi agar tetap menjadi yang terdepan Adapun pusat perhatiannya adalah pelanggan costumer Semakin kritisnya masyarakat costumer pada era modern seperti sekarang ini ...menuntut setiap organisasi atau perusahaan untuk selalu berkomitmen menyusun strategi perencanaan menyusun inovasi dan implementasi secara realistis sehingga setiap kelemahan dan ancaman dapat dijadikan sebagai tantangan dan peluang untuk meraih keberhasilan Ternyata untuk mencapai peningkatan produktivitas dan TQM kita harus mengerahkan segenap kemampuan yang ada dengan melakukan reformasi manajemen secara menyuruh meskipun berangkat dari suatu yang kecil agar kelemahan dan kesalahan dapat menjadi peluang dan tantangan sebagaimana disebutkan dalam fi losofi TQM yaitu fokus pada pelanggan obsesi untuk selalu meningkatkan mutu kerja memperbaiki kerja secara berkelanjutan berorientasi ke depan Hal dapat dicapai bila seluruh komponen berkomitmen meningkatkan pelayanan yang terbaik sehingga dapat memenuhi keinginan dan kepuasan pelanggan melalui perbaikanperbaikan yang terus menerus melalui strategi perencanaan metode prosedur konsep empiris yang logis dan realistis