Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang cara mendesain pembelajaran yang efektif dan relevan di tingkat Sekolah Dasar. Buku ini dirancang untuk menjadi panduan praktis bagi para guru, pendidik, dan calon pendidik dalam merancang proses pembelajaran yang memperhatikan kebutuhan peserta didik, tujuan instruksional, serta alat penilaian yang tepat. Buku ini terdiri dari beberapa bab utama, di antaranya adalah penjelasan tentang Tujuan Instruksional Umum (TIU) dan Tujuan Instruksional Khusus (TIK), identifikasi karakteristik awal peserta didik, identifikasi kebutuhan pembelajaran, serta alat penilaian hasil belajar. Materi-materi ini disusun secara sistematis dan terstruktur, sehingga memudahkan pembaca dalam memahami konsep-konsep dasar desain pembelajaran. Selain itu, buku ini juga membahas tentang pengertian, klasifikasi, dan polemik terkait tujuan instruksional, serta hubungan antara tujuan instruksional dengan proses pembelajaran. Penulis juga menjelaskan tentang taksonomi tujuan pendidikan sebagai dasar dalam merancang tujuan pembelajaran yang kompeten. Dengan memadukan teori dan praktek, buku ini menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi para pendidik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Dasar. Buku ini juga dilengkapi dengan evaluasi yang dirancang untuk memantau pemahaman pembaca terhadap materi yang disampaikan. Dalam keseluruhan buku ini, penulis berharap dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kemampuan para pendidik dalam merancang pembelajaran yang efektif, relevan, dan berorientasi pada kebutuhan peserta didik.
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah Nya sehingga kami dapat menyelesaikan buku yang berjudul Tips Mendesain Pembelajaran di Sekolah Dasar ini tepat pada waktunya nbsp Kami mengucapkan terima kasih kepada Ibu Ina Magdalena M Pd selaku Dosen Pengampu yang telah memberikan arahan sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan sesuai dengan bidang studi yang kami tekuni nbsp Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membagi sebagian pengetahuannya sehingga saya dapat menyelesaikan buku ini Kami menyadari buku yang kami tulis ini masih jauh dari kata sempurna Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun akan kami nantikan demi kesempurnaan buku ini
Jumlah Halaman | 231 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV JEJAK |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-338-565-7 |
eISBN | 978-623-338-566-4 |