Pembelajaran matematika perlu dirancang sedemikian rupa sehingga menjadi salah satu alternatif yang tepat untuk dijadikan solusi Dalam proses pembelajaran diperlukan cara yang bisa mendorong siswa untuk memahami masalah meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam menyusun rencana penyelesaian dan melibatkan siswa secara aktif dalam menemukan sendiri penyelesaian masalah serta mendorong pembelajaran yang berpusat pada siswa dan guru hanya sebagai fasilitator Dalam menumbuhkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yaitu dengan mendorong dan membimbing siswa untuk melakukan setiap langkah pembelajaran secara langsung agar mereka mengalami dan menemukan sendiri unsur unsur yang akan membangun pemahaman konsep siswa Oleh karena itu dalam penulisan ini menggunakan model pembelajaran discovery learning untuk mengatasi permasalahan yang ada Pembelajaran matematika perlu dirancang sedemikian rupa sehingga menjadi salah satu alternatif yang tepat untuk dijadikan solusi Dalam proses pembelajaran diperlukan cara yang bisa mendorong siswa untuk memahami masalah meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam menyusun rencana penyelesaian dan melibatkan siswa secara aktif dalam menemukan sendiri penyelesaian masalah serta mendorong pembelajaran ...yang berpusat pada siswa dan guru hanya sebagai fasilitator Dalam menumbuhkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yaitu dengan mendorong dan membimbing siswa untuk melakukan setiap langkah pembelajaran secara langsung agar mereka mengalami dan menemukan sendiri unsur unsur yang akan membangun pemahaman konsep siswa Oleh karena itu dalam penulisan ini menggunakan model pembelajaran discovery learning untuk mengatasi permasalahan yang ada