Sinopsis Buku: Buku ini membahas implementasi perilaku *Electronic Word of Mouth* (e-WOM) pada konsumen marketplace, dengan pendekatan teori *Theory of Planned Behavior* (TPB) dan *Technology Acceptance Model* (TAM). Penulis menjelaskan bagaimana keberhasilan e-commerce di Indonesia, yang terus meningkat sejak tahun 2014 hingga 2020, berdampingan dengan tantangan yang dihadapi oleh retail *offline*. Buku ini menyajikan analisis mengenai perubahan perilaku konsumen, kualitas pelayanan digital (*Electronic Service Quality*), dan tingkat kepuasan konsumen dalam konteks penggunaan platform e-commerce. Selain itu, buku ini juga menjelaskan konsep *perceived behavior control* dalam TPB sebagai salah satu dimensi yang memengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan e-WOM. Penulis menyoroti bahwa TPB memberikan wawasan yang lebih mendalam dalam memahami dan memprediksi perilaku konsumen dibandingkan TAM. Buku ini menjadi referensi yang relevan bagi peneliti, akademisi, dan pelaku bisnis yang ingin memahami dinamika perilaku konsumen di era digital.
Theory of planned behavior TPB dan technology acceptance model TAM merupakan teori yang sering digunakan untuk menjelaskan dan memprediksi perilaku konsumen pada media daring Namun penerapan kedua teori tersebut masih menjadi perdebatan theory acceptance model menawarkan hasil yang lebih meyakinkan daripada theory planned behavior Meskipun kekuatan prediksi TAM ditemukan sedikit lebih tinggi daripada TPB tetapi TPB memberikan informasi yang lebih berguna untuk pengembangan perilaku konsumen daripada TAM
Jumlah Halaman | 112 |
---|---|
Kategori | Ekonomi |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-329-840-7 |
eISBN | proses |