Sinopsis Buku: Buku ini menyajikan tinjauan komprehensif mengenai berbagai teori-teori pembelajaran dalam konteks psikologis. Edisi kelima buku ini berfokus pada pendekatan yang menggabungkan kekuatan terbaik dari pendekatan koneksionis dan kognitif, dengan memperkenalkan teori-teori yang lebih baru dan relevan. Dalam pembahasan, buku ini membatasi diri pada dua teori utama, yaitu teori ACT Anderson dan model-model jaringan yang berbasis pemrosesan paralel tersebar (parallel distributed processing). Teori ini dijelaskan dengan mengacu pada asumsi-asumsi kognitif mengenai bagaimana respon manusia terhadap stimuli berlangsung melalui proses-proses tertentu, yang secara umum tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip koneksionisme. Selain itu, buku ini juga menyebutkan perbedaan antara pendekatan yang menekankan belajar dan yang tidak, seperti teori Lewin dan sibernetika, sebagai bagian dari upaya untuk memberikan gambaran yang lebih lengkap mengenai berbagai perspektif dalam studi pembelajaran. Buku ini merupakan referensi yang baik bagi para mahasiswa dan peneliti yang tertarik memahami dinamika dan mekanisme pembelajaran dari perspektif psikologis.
Sinopsis Buku: Buku ini menyajikan tinjauan komprehensif mengenai berbagai teori-teori pembelajaran dalam konteks psikologis. Edisi kelima buku ini berfokus pada pendekatan yang menggabungkan kekuatan terbaik dari pendekatan koneksionis dan kognitif, dengan memperkenalkan teori-teori yang lebih baru dan relevan. Dalam pembahasan, buku ini membatasi diri pada dua teori utama, yaitu teori ACT Anderson dan model-model jaringan yang berbasis pemrosesan paralel tersebar (parallel distributed processing). Teori ini dijelaskan dengan mengacu pada asumsi-asumsi kognitif mengenai bagaimana respon manusia terhadap stimuli berlangsung melalui proses-proses tertentu, yang secara umum tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip koneksionisme. Selain itu, buku ini juga menyebutkan perbedaan antara pendekatan yang menekankan belajar dan yang tidak, seperti teori Lewin dan sibernetika, sebagai bagian dari upaya untuk memberikan gambaran yang lebih lengkap mengenai berbagai perspektif dalam studi pembelajaran. Buku ini merupakan referensi yang baik bagi para mahasiswa dan peneliti yang tertarik memahami dinamika dan mekanisme pembelajaran dari perspektif psikologis.
Jumlah Halaman | 354 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Nusamedia |
Tahun Terbit | 2017 |
ISBN | 979-1305-24-2 |
eISBN |