Dakwah pada dasarnya mengandung ide sivilisasi taqw m al hadh rah yakni usaha sadar dan sistemik yang dilakukan orang beriman agar manusia sebagai mitra dakwah mad bertransformasi menjadi manusia dan masyarakat yang unggul dengan tingkat budaya dan keadaban yang tinggi khaira ummah QS Ali Imran 3 110 Sebagai sivilisasi dakwah harus menjunjung tinggi demokratisasi HAM keadilan gender dan kelestarian alam dan lingkungan flora dan fauna serta bebas dari bias bias kekerasan pemaksaan dan intimidasi sesuai doktrin Islam sendiri yang menyatakan dengan tegas L Ikr ha f al D n tak ada paksaan dalam agama QS al Baqarah 2 256 Dakwah mesti dilakukan dengan penuh keadaban QS an Nahl 16 125 dan berbasis kepentingan mad bukan da i QS Ibrahim 14 4 Pada masyarakat dan bangsa yang plural dan multikultural seperti Indonesia dan pada masyarakat global sekarang maka dakwah kultural melalui dialog antarbudaya dan dialog antarperadaban interfaith dialogue al hiw r bayna al ady n wa al hadh r t yang banyak diadvokasi oleh Al Qur an sendiri menjadi sangat penting untuk dihidupkan dan diwujudkan dalam praktik dakwah era milenial Tema dan pesan dakwah sudah semestinya bergeser dari sekadar simbol simbol religiositas ke makna yang lebih substantif spiritualitas semacam penguatan moral etos kerja dan karakter yang mendukung kemajuan kita baik sebagai umat maupun bangsa Di samping itu pada era milenial dakwah mesti mengkaji philosophy of technology semacam teknologi dakwah atau digitalisasi dakwah bukan hanya untuk kepentingan pragmatis agar para da i dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi untuk dakwah melainkan juga untuk kepentingan yang lebih mendasar dan fundamental yakni memberi perspektif Islam tentang teknologi dan penggunaannya dalam kehidupan agar teknologi sebut saja internet dan media sosial yang sudah mewabah secara global tidak disalahgunakan untuk maksud maksud jahat semacam fitnah hoax fake news ujaran kebencian terorisme dan tindakan tercela lainnya Pada era milenial tugas dakwah menjadi semakin berat dan luas Para da i harus menegakkan amar makruf nahi munkar sebagai bagian penting dari dakwah tidak saja dalam realitas objektif tetapi juga dalam realitas virtual dalam alam jagat raya bernama cyber space yang tak bertepi dan tak bertuan Buku ini menawarkan gagasan gagasan baru untuk menjawab peluang dan keperluan dakwah era milenial Wall hu a lam Dakwah pada dasarnya mengandung ide sivilisasi taqw m al hadh rah yakni usaha sadar dan sistemik yang dilakukan orang beriman agar manusia sebagai mitra dakwah mad bertransformasi menjadi manusia dan masyarakat yang unggul dengan tingkat budaya dan keadaban yang tinggi khaira ummah QS Ali Imran 3 110 Sebagai sivilisasi dakwah ...harus menjunjung tinggi demokratisasi HAM keadilan gender dan kelestarian alam dan lingkungan flora dan fauna serta bebas dari bias bias kekerasan pemaksaan dan intimidasi sesuai doktrin Islam sendiri yang menyatakan dengan tegas L Ikr ha f al D n tak ada paksaan dalam agama QS al Baqarah 2 256 Dakwah mesti dilakukan dengan penuh keadaban QS an Nahl 16 125 dan berbasis kepentingan mad bukan da i QS Ibrahim 14 4 Pada masyarakat dan bangsa yang plural dan multikultural seperti Indonesia dan pada masyarakat global sekarang maka dakwah kultural melalui dialog antarbudaya dan dialog antarperadaban interfaith dialogue al hiw r bayna al ady n wa al hadh r t yang banyak diadvokasi oleh Al Qur an sendiri menjadi sangat penting untuk dihidupkan dan diwujudkan dalam praktik dakwah era milenial Tema dan pesan dakwah sudah semestinya bergeser dari sekadar simbol simbol religiositas ke makna yang lebih substantif spiritualitas semacam penguatan moral etos kerja dan karakter yang mendukung kemajuan kita baik sebagai umat maupun bangsa Di samping itu pada era milenial dakwah mesti mengkaji philosophy of technology semacam teknologi dakwah atau digitalisasi dakwah bukan hanya untuk kepentingan pragmatis agar para da i dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi untuk dakwah melainkan juga untuk kepentingan yang lebih mendasar dan fundamental yakni memberi perspektif Islam tentang teknologi dan penggunaannya dalam kehidupan agar teknologi sebut saja internet dan media sosial yang sudah mewabah secara global tidak disalahgunakan untuk maksud maksud jahat semacam fitnah hoax fake news ujaran kebencian terorisme dan tindakan tercela lainnya Pada era milenial tugas dakwah menjadi semakin berat dan luas Para da i harus menegakkan amar makruf nahi munkar sebagai bagian penting dari dakwah tidak saja dalam realitas objektif tetapi juga dalam realitas virtual dalam alam jagat raya bernama cyber space yang tak bertepi dan tak bertuan Buku ini menawarkan gagasan gagasan baru untuk menjawab peluang dan keperluan dakwah era milenial Wall hu a lam