Sinopsis Buku: Buku *The Handbook of Education Management* ini merupakan pengembangan dan revisi dari buku sebelumnya berjudul *Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah*. Buku ini dirancang untuk menjadi referensi utama dalam studi manajemen pendidikan, baik untuk program sarjana (S-1) maupun pascasarjana (S-2) di berbagai perguruan tinggi. Dengan perubahan judul menjadi *The Handbook of Education Management*, buku ini menyajikan beragam tema terkait pengelolaan pendidikan, mulai dari aspek teoretis hingga praktis, yang relevan dengan kebutuhan pelaku pendidikan di era yang terus berubah. Dalam edisi kedua ini, buku juga dilengkapi dengan penambahan bab baru, yaitu bab 17 tentang *Knowledge Management* (Manajemen Pengetahuan) di lembaga pendidikan. Bab ini sangat penting karena pengetahuan dianggap sebagai aset berharga yang perlu dikelola secara optimal oleh lembaga pendidikan. Dengan memahami dan menerapkan manajemen pengetahuan, lembaga pendidikan dapat meningkatkan kualitas dan kemajuan secara berkelanjutan. Buku ini juga mencerminkan semangat perubahan yang terjadi di dunia pendidikan, serta upaya untuk terus memperbarui dan memperbaiki isi buku sesuai dengan dinamika dan tantangan yang dihadapi. Dengan berbagai masukan dan kritik dari berbagai pihak, buku ini diharapkan dapat menjadi panduan yang bermanfaat bagi praktisi, akademisi, dan semua pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan.
Mengelola pendidikan bukanlah persoalan mudah dibutuhkan pemikiran dan analisis mendalam agar pendidikan yang dilaksanakan tepat sasaran dan sesuai dengan tujuan yang ditetapkan Secara konseptual filo sofis pendidikan digali dari identitas karakteristik dan khazanah budaya yang dimilikinya sehingga pendidikan yang diterapkan tidak keluar dari akar sejarahnya Adapun dalam praksis aplikatifnya pendidikan dikelola dengan manajemen yang baik agar konsep filosofis pendidikan tersebut dapat dibumikan secara efektif efisien dan produktif Tanpa sistem pengelolaan pendidikan yang baik konsep konsep tersebut tidak mempunyai banyakarti Oleh karena itu manajemen mempunyai peran sangatsignifikan dalam pelaksanaan pendidikan agar konsep dan tujuan pendidikan dapat tercapai sebagaimana yang diinginkan Begitu pentingnya fungsi manajemen di lembaga pendidi kan maka dapat dikatakan bahwa sesungguhnya tidak ada lembaga pendidikan yang buruk tetapi lembaga pendidikan dengan manajemen tidak baik Buku ini merupakan referensi dan sekaligus panduan teoritik aplikatifdalam mengelola pendidikan khususnya di sekolah madrasah oleh karenanya buku ini layak menjadi referensi pegangan atau Handbook of Education Management
Jumlah Halaman | 552 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-422-301-4 |
eISBN | 978-623-218-217-2 |