Logo Bacabuku
The Handbook of Cooperative Learning

The Handbook of Cooperative Learning

Shlomo Sharan
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini memberikan gambaran menyeluruh tentang berbagai metode pembelajaran kooperatif yang saat ini digunakan dalam pendidikan. Buku ini mencakup penjelasan mengenai metode generik utama dalam pembelajaran kooperatif, penerapan metode tersebut dalam berbagai ranah subjek, serta pembahasan khusus mengenai penerapan pembelajaran kooperatif di sekolah. Buku ini juga menjelaskan bahwa pengadopsian pembelajaran kooperatif memerlukan perubahan sistemik dalam pengelolaan dan pemberdayaan sekolah, yang melibatkan koordinasi dan dukungan yang teratur dari berbagai pihak. Dalam konteks ini, buku ini juga menyoroti tantangan yang dihadapi dalam menerapkan pembelajaran kooperatif, terutama di tingkat sekolah atas, yang memiliki struktur organisasi yang lebih rumit dibandingkan sekolah dasar. Buku ini bertujuan untuk menjadi panduan yang komprehensif bagi para pendidik, peneliti, dan pengambil kebijakan dalam mengintegrasikan pembelajaran kooperatif ke dalam praktik pembelajaran di sekolah.

Sinopsis ebook

Bab 1 Student Teams Achievement Divisions STAD Robert E Slavin B ab ini membicarakan tentang Divisi Pencapaian Kelompok Siswa atau Student Team Achievement Divisions STAD salah satu rangkaian teknik pengajaran yang dikembangkan dan diteliti di Universitas John Hopkins yang secara umum dikenal sebagai Kelompok Belajar Siswa Teknik ini didasarkan pada gagasan tentang siswa siswa yang belajar dalam kelompok belajar kooperatif untuk memahami pelajaran Teknik Kelompok Belajar Siswa bukanlah aktivitas satu waktu yang dirancang untuk berjalan di kelas dari waktu ke waktu tetapi merupakan pengganti pengajaran tradisional yang bisa digunakan sebagai cara pengorganisasian kelas yang permanen untuk mengajarkan berbagai macam subjek pelajaran secara efektif Gagasan tentang metode Kelompok Belajar Siswa berbagi tempat dengan metode pembelajaran kooperatif yang lain adalah bahwa siswa bekerja bersama sama untuk mempelajari dan bertanggung jawab atas pelajaran mereka sendiri dan juga pembelajaran orang lain Tetapi metode Kelompok Belajar Siswa menekankan penggunaan tujuan kelompok dan keberhasilan kelompok yang hanya bisa dicapai jika semua anggota kelompok itu mempelajari objek yang sedang diajarkan Dengan demikian dalam Kelompok Belajar Siswa tugas para siswa bukanlah melakukan sesuatu tetapi mempelajari sesuatu sebagai sebuah

Detail Buku

Jumlah Halaman 0
Kategori Pendidikan - Pendamping Pelajaran - Pengayaan
Penerbit Istana Media
Tahun Terbit 2015
ISBN 978-602-14307-7-4
eISBN 978-602-14307-7-4
The Handbook of Cooperative Learning

The Handbook of Cooperative Learning

Shlomo Sharan