Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) yang dikombinasikan dengan aktivitas *setting lingkungan* dalam upaya meningkatkan proses belajar mengajar di kelas. Buku ini ditulis dengan tujuan untuk meningkatkan profesionalitas guru dalam merancang dan menerapkan metode pembelajaran yang efektif, khususnya dalam konteks pembelajaran kooperatif. Buku ini terdiri dari beberapa bab yang menjelaskan secara rinci tentang konsep dan prinsip pembelajaran kooperatif, serta model TGT sebagai salah satu bentuk pembelajaran kooperatif yang terstruktur. Bab IV menjelaskan pengertian, unsur, prinsip, ciri, dan fase-fase pembelajaran kooperatif, sementara Bab V berfokus pada model TGT, termasuk kelebihan, kekurangan, dan komponen utama dalam pembelajaran tersebut. Selanjutnya, Bab VI dan Bab VII membahas aktivitas *setting lingkungan* yang merupakan pendekatan kreatif dalam pembelajaran kooperatif TGT. Aktivitas ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih kontekstual dan relevan dengan lingkungan sekitar, sehingga meningkatkan keterlibatan peserta didik dan pemahaman konsep secara mendalam. Dengan memadukan metode TGT dan aktivitas *setting lingkungan*, buku ini memberikan panduan praktis dan teoretis bagi guru dalam mempraktikkan pembelajaran kooperatif yang inovatif dan efektif. Buku ini juga dapat menjadi acuan dalam melakukan penelitian pendidikan dan pengembangan kurikulum yang berbasis kooperatif. Penulis: Darmawati ISBN: 978-623-217-897-7 Penerbit: CV. Pustaka MediaGuru Tahun Terbit: 2019 Jumlah Halaman: 56 halaman Ukuran Buku: 21 x 29,7 cm --- Alasan: - Sinopsis disusun berdasarkan struktur dan isi bab-bab yang tercantum dalam konteks yang diberikan, termasuk penjelasan tentang konsep TGT, pembelajaran kooperatif, dan aktivitas *setting lingkungan*. - Penjelasan tentang tujuan, konsep, dan aplikasi model pembelajaran yang disampaikan dalam konteks buku ini digunakan untuk membangun sinopsis yang jelas dan komprehensif. - Tidak ada informasi tambahan yang di luar konteks yang diberikan, sehingga sinopsis ini sepenuhnya bersumber dari konten buku tersebut.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) yang dikombinasikan dengan aktivitas *setting lingkungan* dalam upaya meningkatkan proses belajar mengajar di kelas. Buku ini ditulis dengan tujuan untuk meningkatkan profesionalitas guru dalam merancang dan menerapkan metode pembelajaran yang efektif, khususnya dalam konteks pembelajaran kooperatif. Buku ini terdiri dari beberapa bab yang menjelaskan secara rinci tentang konsep dan prinsip pembelajaran kooperatif, serta model TGT sebagai salah satu bentuk pembelajaran kooperatif yang terstruktur. Bab IV menjelaskan pengertian, unsur, prinsip, ciri, dan fase-fase pembelajaran kooperatif, sementara Bab V berfokus pada model TGT, termasuk kelebihan, kekurangan, dan komponen utama dalam pembelajaran tersebut. Selanjutnya, Bab VI dan Bab VII membahas aktivitas *setting lingkungan* yang merupakan pendekatan kreatif dalam pembelajaran kooperatif TGT. Aktivitas ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih kontekstual dan relevan dengan lingkungan sekitar, sehingga meningkatkan keterlibatan peserta didik dan pemahaman konsep secara mendalam. Dengan memadukan metode TGT dan aktivitas *setting lingkungan*, buku ini memberikan panduan praktis dan teoretis bagi guru dalam mempraktikkan pembelajaran kooperatif yang inovatif dan efektif. Buku ini juga dapat menjadi acuan dalam melakukan penelitian pendidikan dan pengembangan kurikulum yang berbasis kooperatif. Penulis: Darmawati ISBN: 978-623-217-897-7 Penerbit: CV. Pustaka MediaGuru Tahun Terbit: 2019 Jumlah Halaman: 56 halaman Ukuran Buku: 21 x 29,7 cm --- Alasan: - Sinopsis disusun berdasarkan struktur dan isi bab-bab yang tercantum dalam konteks yang diberikan, termasuk penjelasan tentang konsep TGT, pembelajaran kooperatif, dan aktivitas *setting lingkungan*. - Penjelasan tentang tujuan, konsep, dan aplikasi model pembelajaran yang disampaikan dalam konteks buku ini digunakan untuk membangun sinopsis yang jelas dan komprehensif. - Tidak ada informasi tambahan yang di luar konteks yang diberikan, sehingga sinopsis ini sepenuhnya bersumber dari konten buku tersebut.
Jumlah Halaman | 108 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-623-217-897-7 |
eISBN |