Sinopsis Buku: Buku ini membahas berbagai teori pendidikan dari berbagai perspektif historis hingga kontemporer, meliputi teori tradisional, (neo) liberal, marxis-sosialis, dan postmodern. Penulis menjelaskan konsep pendidikan dalam arti luas dan sempit, serta mengupas isu-isu strategis kemanusiaan dalam pendidikan, seperti pemulihan pikiran kritis, penanganan kekerasan di sekolah, pengarusutamaan gender, dan kesadaran lingkungan hidup. Dalam bab terpisah, buku ini juga menyajikan pendekatan pendidikan yang tidak hanya terbatas pada sekolah, serta menguraikan elemen-elemen pemikiran marxis, posisi pendidikan dalam masyarakat, dan peran pendidikan dalam melanggengkan penindasan kapitalis. Buku ini membekali pembaca dengan pemahaman mendalam tentang peran pendidikan sebagai alat pengembangan manusia dan peradaban.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas berbagai teori pendidikan dari berbagai perspektif historis hingga kontemporer, meliputi teori tradisional, (neo) liberal, marxis-sosialis, dan postmodern. Penulis menjelaskan konsep pendidikan dalam arti luas dan sempit, serta mengupas isu-isu strategis kemanusiaan dalam pendidikan, seperti pemulihan pikiran kritis, penanganan kekerasan di sekolah, pengarusutamaan gender, dan kesadaran lingkungan hidup. Dalam bab terpisah, buku ini juga menyajikan pendekatan pendidikan yang tidak hanya terbatas pada sekolah, serta menguraikan elemen-elemen pemikiran marxis, posisi pendidikan dalam masyarakat, dan peran pendidikan dalam melanggengkan penindasan kapitalis. Buku ini membekali pembaca dengan pemahaman mendalam tentang peran pendidikan sebagai alat pengembangan manusia dan peradaban.
Jumlah Halaman | 376 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Ar-Ruzz |
Tahun Terbit | 2015 |
ISBN | 978-602-313-034-4 |
eISBN | 978-602-313-198-3 |