Logo Bacabuku
Teori-teori pembelajaran multikultural, humanis, kritis, konstruktivis, reflektivis, dialogis, dan progresif

Teori-teori pembelajaran multikultural, humanis, kritis, konstruktivis, reflektivis, dialogis, dan progresif

Syahrul, S.Pd., M.Pd.
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas berbagai teori-teori pembelajaran yang relevan dalam konteks pendidikan modern, khususnya dalam upaya meningkatkan dan memperbaiki penerapan pembelajaran di ruang kelas. Buku ini memperkenalkan paradigma-paradigma baru dalam pembelajaran, yang berangkat dari sudut pandang ilmu sosial. Beberapa teori yang dibahas meliputi pembelajaran multikultural, humanis, kritis, konstruktif, reflektif, dialogis, dan progresif. Setiap teori dilengkapi dengan penjelasan tentang pengertian, perkembangan, tantangan, serta penerapan dalam praktik pembelajaran. Buku ini juga menjelaskan bagaimana seorang guru dapat menjadi pendidik yang efektif dalam mewujudkan pembelajaran berbasis peserta didik, dengan memperhatikan berbagai aspek sosial, kemanusiaan, dan keadilan. Selain itu, buku ini menyajikan hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh penulis, serta kajian pustaka terkait matakuliah pembelajaran sosiologi yang diajarkan di Universitas Muhammadiyah Kupang. Buku ini sangat relevan sebagai bahan referensi bagi mahasiswa pendidikan, serta dapat menjadi panduan bagi guru dalam mengembangkan metode dan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan kontekstual. Dengan pendekatan yang komprehensif dan berbasis teori, buku ini berupaya untuk menumbuhkan kesadaran dan kemampuan pendidik dalam merancang pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik dan lingkungan sosial yang semakin dinamis.

Sinopsis ebook

Teori pembelajaran multikultural merupakan proses pembelajaran yang mengakui keberagam budaya agama ras dan etnis sebagai hal penting di dalam membentuk sebuah kelas pola pikir guru dan peserta didik Hanum 2014 Teori pembelajaran multikultural juga didefinisikan sebagai proses pembelajaran yang lebih menekankan pada kesadaran tentang keanekaragaman budaya dalam meresponss perubahan sosial dan kultur pendidikan di setiap lingkungan sekolah masyarakat atau berpengaruh ke seluruh dunia

Detail Buku

Jumlah Halaman 107
Kategori Pendidikan
Penerbit Literasi Nusantara Abadi
Tahun Terbit 2020
ISBN 978-623-7511-91-5
eISBN proses
Teori-teori pembelajaran multikultural, humanis, kritis, konstruktivis, reflektivis, dialogis, dan progresif

Teori-teori pembelajaran multikultural, humanis, kritis, konstruktivis, reflektivis, dialogis, dan progresif

Syahrul, S.Pd., M.Pd.