Logo Bacabuku
Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik; deskripsi dan tinjauan kritis

Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik; deskripsi dan tinjauan kritis

Heri Rahyubi
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam konsep dan prinsip dasar pembelajaran motorik dalam konteks pendidikan yang lebih luas. Pembelajaran motorik dianggap sebagai bagian integral dari proses belajar dan pembelajaran, karena hampir semua aktivitas belajar manusia melibatkan aspek gerak, baik secara fisik maupun mental. Buku ini menjelaskan bahwa pembelajaran motorik bukan hanya tentang keterampilan fisik, melainkan juga berkaitan dengan pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan karakter yang mendukung terbentuknya manusia yang mandiri, berwawasan luas, peduli sosial, dan profesional. Dalam buku ini, dua teori besar pembelajaran, yaitu behaviorisme dan kognitivisme, diuraikan secara rinci, termasuk kritik-kritik terhadap masing-masing teori. Kedua teori ini dianggap memiliki dampak besar terhadap praktik pendidikan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Dari kedua teori tersebut, muncul beberapa teori pendidikan dan pembelajaran baru yang lebih modern, seperti konstruktivisme dan humanisme, yang menjadi bahan diskusi dan pengembangan dalam dunia pendidikan. Selain itu, buku ini juga menjelaskan bahwa pendidikan yang berkualitas tidak hanya berfokus pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga pada pembentukan karakter yang baik, yang pada akhirnya akan membentuk budaya dan kualitas bangsa secara keseluruhan. Dengan memahami dan menerapkan prinsip pembelajaran motorik, lembaga pendidikan diharapkan mampu menciptakan lingkungan belajar yang mendorong pengembangan potensi setiap individu secara maksimal, baik dalam aspek akademik maupun non-akademik. Buku ini sangat relevan bagi para pendidik, pengelola lembaga pendidikan, mahasiswa, dan semua pihak yang tertarik dalam pengembangan pendidikan yang holistik dan berbasis pada prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif.

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam konsep dan prinsip dasar pembelajaran motorik dalam konteks pendidikan yang lebih luas. Pembelajaran motorik dianggap sebagai bagian integral dari proses belajar dan pembelajaran, karena hampir semua aktivitas belajar manusia melibatkan aspek gerak, baik secara fisik maupun mental. Buku ini menjelaskan bahwa pembelajaran motorik bukan hanya tentang keterampilan fisik, melainkan juga berkaitan dengan pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan karakter yang mendukung terbentuknya manusia yang mandiri, berwawasan luas, peduli sosial, dan profesional. Dalam buku ini, dua teori besar pembelajaran, yaitu behaviorisme dan kognitivisme, diuraikan secara rinci, termasuk kritik-kritik terhadap masing-masing teori. Kedua teori ini dianggap memiliki dampak besar terhadap praktik pendidikan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Dari kedua teori tersebut, muncul beberapa teori pendidikan dan pembelajaran baru yang lebih modern, seperti konstruktivisme dan humanisme, yang menjadi bahan diskusi dan pengembangan dalam dunia pendidikan. Selain itu, buku ini juga menjelaskan bahwa pendidikan yang berkualitas tidak hanya berfokus pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga pada pembentukan karakter yang baik, yang pada akhirnya akan membentuk budaya dan kualitas bangsa secara keseluruhan. Dengan memahami dan menerapkan prinsip pembelajaran motorik, lembaga pendidikan diharapkan mampu menciptakan lingkungan belajar yang mendorong pengembangan potensi setiap individu secara maksimal, baik dalam aspek akademik maupun non-akademik. Buku ini sangat relevan bagi para pendidik, pengelola lembaga pendidikan, mahasiswa, dan semua pihak yang tertarik dalam pengembangan pendidikan yang holistik dan berbasis pada prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif.

Detail Buku

Jumlah Halaman 397
Kategori Pendidikan
Penerbit Nusamedia
Tahun Terbit 2020
ISBN 978-979-1305-65-x
eISBN
Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik; deskripsi dan tinjauan kritis

Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik; deskripsi dan tinjauan kritis

Heri Rahyubi