Logo Bacabuku
Teori Kinerja dan Pengukurannya

Teori Kinerja dan Pengukurannya

Prof. Dr. Hamzah B Uno, M.Pd.; Dr. Nina Lamatenggo, S.E., M.Pd.
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dan pengukuran kinerja dalam konteks pendidikan, dengan fokus pada penilaian kinerja melalui *Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3)*. Penulis menjelaskan pentingnya menghargai dan memahami keunikan serta gaya kerja seseorang dalam menjalankan tugasnya, karena hal ini merupakan ciri khas yang menunjukkan profesionalitas seseorang. Selain itu, buku ini juga menyajikan berbagai aspek yang dinilai dalam DP3, termasuk indikator-indikator yang menjadi tolok ukur kinerja staf, serta parameter-parameter yang digunakan untuk menentukan gambaran kinerja secara objektif. Buku ini juga menyoroti pentingnya keterlibatan staf dalam proses penilaian kinerja, sebagai bentuk penerapan prinsip demokratis dan transparansi. Penulis mengusulkan bahwa penilaian kinerja tidak hanya dilakukan oleh atasan, tetapi juga melibatkan pihak yang dinilai untuk mengevaluasi diri sendiri. Selain itu, buku ini menyajikan kajian teoretis tentang kinerja yang dipaparkan oleh para ahli, disusun secara konseptual dan operasional, serta diikuti dengan pembuatan instrumen pengukuran kinerja pendidikan. Buku ini juga membahas tantangan dan faktor-faktor yang memengaruhi kinerja pendidikan di Indonesia, serta menyajikan analisis masalah yang menyebabkan penurunan kinerja pendidikan di lapangan. Dengan demikian, buku ini menjadi referensi yang relevan bagi para pelaku pendidikan, manajer institusi, dan peneliti yang tertarik memahami dan meningkatkan kinerja dalam bidang pendidikan.

Sinopsis ebook

Buku Teori Kinerja dan Pengukurannya merupakan sebuah kajian kritis tentang teori dan praktik kinerja Buku ini mengupas gambaran kinerja dan instrumen untuk mengukurnya secara mendalam Pada pembahasan awal buku ini secara kritis membahas gambaran kinerja pendidikan di Indonesia disertai beragam faktor yang memengaruhinya juga uraian mengenai beberapa fakta lapangan yang mengungkap masalah penurunan kinerja pendidikan Dipaparkan pula kajian teoretis mengenai kinerja yang diungkapkan para ahli lalu dibuat sintesisnya kemudian dirumuskan secara konseptual dan operasional Dari rumusan konseptual dan operasional tersebut disusunlah sebuah instrumen untuk mengukur kinerja yang diterapkan melalui kinerja pendidikan Sebagai pendidik penulis menyoroti penerapan penilaian kinerja melalui Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan DP3 yang selama ini digunakan sebagai alat penilaian untuk pegawai negeri sipil PNS yang dalam praktiknya penilai kerap kali terjebak pada pemikiran subjektif untuk memberikan gambaran kinerja bawahannya Penulis juga menyajikan seluruh aspek yang dinilai dari DP3 dengan merumuskan indikator indikator yang menjadi tolok ukur kinerja staf dan melalui indikator itu dirumuskan parameternya sehingga jika mengacu pada ukuran parameter tersebut gambaran kinerja seseorang dapat ditentukan secara objektif diikuti pemberian skor yang mengacu pada skor skala sikap

Detail Buku

Jumlah Halaman 236
Kategori Pendidikan
Penerbit Bumi Aksara
Tahun Terbit 2012
ISBN 978-602-217-255-0
eISBN proses
Teori Kinerja dan Pengukurannya

Teori Kinerja dan Pengukurannya

Prof. Dr. Hamzah B Uno, M.Pd.; Dr. Nina Lamatenggo, S.E., M.Pd.