Buku Teori Kinerja dan Pengukurannya merupakan sebuah kajian kritis tentang teori dan praktik kinerja Buku ini mengupas gambaran kinerja dan instrumen untuk mengukurnya secara mendalam Pada pembahasan awal buku ini secara kritis membahas gambaran kinerja pendidikan di Indonesia disertai beragam faktor yang memengaruhinya juga uraian mengenai beberapa fakta lapangan yang mengungkap masalah penurunan kinerja pendidikan Dipaparkan pula kajian teoretis mengenai kinerja yang diungkapkan para ahli lalu dibuat sintesisnya kemudian dirumuskan secara konseptual dan operasional Dari rumusan konseptual dan operasional tersebut disusunlah sebuah instrumen untuk mengukur kinerja yang diterapkan melalui kinerja pendidikan Sebagai pendidik penulis menyoroti penerapan penilaian kinerja melalui Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan DP3 yang selama ini digunakan sebagai alat penilaian untuk pegawai negeri sipil PNS yang dalam praktiknya penilai kerap kali terjebak pada pemikiran subjektif untuk memberikan gambaran kinerja bawahannya Penulis juga menyajikan seluruh aspek yang dinilai dari DP3 dengan merumuskan indikator indikator yang menjadi tolok ukur kinerja staf dan melalui indikator itu dirumuskan parameternya sehingga jika mengacu pada ukuran parameter tersebut gambaran kinerja seseorang dapat ditentukan secara objektif diikuti pemberian skor yang mengacu pada skor skala sikap Buku Teori Kinerja dan Pengukurannya merupakan sebuah kajian kritis tentang teori dan praktik kinerja Buku ini mengupas gambaran kinerja dan instrumen untuk mengukurnya secara mendalam Pada pembahasan awal buku ini secara kritis membahas gambaran kinerja pendidikan di Indonesia disertai beragam faktor yang memengaruhinya juga uraian mengenai beberapa fakta lapangan yang mengungkap ...masalah penurunan kinerja pendidikan Dipaparkan pula kajian teoretis mengenai kinerja yang diungkapkan para ahli lalu dibuat sintesisnya kemudian dirumuskan secara konseptual dan operasional Dari rumusan konseptual dan operasional tersebut disusunlah sebuah instrumen untuk mengukur kinerja yang diterapkan melalui kinerja pendidikan Sebagai pendidik penulis menyoroti penerapan penilaian kinerja melalui Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan DP3 yang selama ini digunakan sebagai alat penilaian untuk pegawai negeri sipil PNS yang dalam praktiknya penilai kerap kali terjebak pada pemikiran subjektif untuk memberikan gambaran kinerja bawahannya Penulis juga menyajikan seluruh aspek yang dinilai dari DP3 dengan merumuskan indikator indikator yang menjadi tolok ukur kinerja staf dan melalui indikator itu dirumuskan parameternya sehingga jika mengacu pada ukuran parameter tersebut gambaran kinerja seseorang dapat ditentukan secara objektif diikuti pemberian skor yang mengacu pada skor skala sikap