Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan komprehensif dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak tunagrahita melalui pendekatan pembelajaran berbasis permainan. Buku ini dirancang untuk membantu guru dan orang tua dalam memahami serta mengembangkan kemampuan berbahasa anak tunagrahita secara efektif dan menyenangkan. Buku ini terdiri dari delapan bab yang membahas berbagai aspek penting terkait dengan pembelajaran berbicara anak tunagrahita. Bab I menjelaskan latar belakang dan pentingnya kemampuan berbicara dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi anak tunagrahita. Bab II membahas teori model pembelajaran yang relevan, sedangkan Bab III menjelaskan konsep permainan bahasa sebagai alat pembelajaran yang efektif. Bab IV memberikan gambaran tentang karakteristik dan klasifikasi anak tunagrahita, serta prilaku adaptif mereka. Bab V membahas teori terapi permainan untuk anak berkebutuhan khusus, termasuk konsep berbicara, aspek-aspek keterampilan berbicara, hubungan berbicara dengan keterampilan berbahasa lainnya, serta penilaian berbicara. Bab VI dan VII membahas model permainan bahasa untuk meningkatkan keterampilan berbicara, termasuk pendekatan komunikatif, siklus pembelajaran CLCC, tiga hal esensial dalam pembelajaran bahasa, tahapan kegiatan guru, dan contoh praktik model permainan bahasa untuk anak tunagrahita. Buku ini juga menyediakan contoh praktik dan evaluasi pembelajaran yang dapat langsung diterapkan oleh guru dan orang tua. Dengan pendekatan yang ramah, menyenangkan, dan variatif, buku ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak tunagrahita secara optimal, sehingga mereka dapat berkomunikasi lebih baik dalam kehidupan sehari-hari.
Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan komprehensif dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak tunagrahita melalui pendekatan pembelajaran berbasis permainan. Buku ini dirancang untuk membantu guru dan orang tua dalam memahami serta mengembangkan kemampuan berbahasa anak tunagrahita secara efektif dan menyenangkan. Buku ini terdiri dari delapan bab yang membahas berbagai aspek penting terkait dengan pembelajaran berbicara anak tunagrahita. Bab I menjelaskan latar belakang dan pentingnya kemampuan berbicara dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi anak tunagrahita. Bab II membahas teori model pembelajaran yang relevan, sedangkan Bab III menjelaskan konsep permainan bahasa sebagai alat pembelajaran yang efektif. Bab IV memberikan gambaran tentang karakteristik dan klasifikasi anak tunagrahita, serta prilaku adaptif mereka. Bab V membahas teori terapi permainan untuk anak berkebutuhan khusus, termasuk konsep berbicara, aspek-aspek keterampilan berbicara, hubungan berbicara dengan keterampilan berbahasa lainnya, serta penilaian berbicara. Bab VI dan VII membahas model permainan bahasa untuk meningkatkan keterampilan berbicara, termasuk pendekatan komunikatif, siklus pembelajaran CLCC, tiga hal esensial dalam pembelajaran bahasa, tahapan kegiatan guru, dan contoh praktik model permainan bahasa untuk anak tunagrahita. Buku ini juga menyediakan contoh praktik dan evaluasi pembelajaran yang dapat langsung diterapkan oleh guru dan orang tua. Dengan pendekatan yang ramah, menyenangkan, dan variatif, buku ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak tunagrahita secara optimal, sehingga mereka dapat berkomunikasi lebih baik dalam kehidupan sehari-hari.
Jumlah Halaman | 142 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-623-217-797-0 |
eISBN |