Logo Bacabuku
Teori dan praktik model pembelajaran berbicara bagi anak tunagrahita : panduan bagi guru dan orang tua anak tunagrahita

Teori dan praktik model pembelajaran berbicara bagi anak tunagrahita : panduan bagi guru dan orang tua anak tunagrahita

Ai Sofiyanti
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini berfokus pada upaya meningkatkan keterampilan berbicara anak tunagrahita melalui pendekatan pembelajaran yang menyenangkan, aman, dan ramah. Buku ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan guru dan orang tua untuk memiliki strategi yang efektif dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak, khususnya dalam konteks pendidikan inklusi. Berbicara merupakan salah satu cara utama untuk berkomunikasi, dan karena itu, keterampilan ini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari anak. Buku ini terdiri dari delapan bab, yang mencakup pendahuluan, teori model pembelajaran, konsep permainan bahasa, pengenalan anak tunagrahita, teori terapi permainan untuk anak berkebutuhan khusus, serta model permainan bahasa yang dirancang khusus untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak tunagrahita. Bab-bab tersebut membahas berbagai aspek terkait pembelajaran berbicara, seperti konsep berbicara, aspek-aspek terkait keterampilan berbicara, hubungan berbicara dengan keterampilan berbahasa lainnya, serta penilaian dalam konteks pembelajaran berbicara. Selain itu, buku ini juga menyajikan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran berbicara, siklus pembelajaran CLCC (Creating Learning Communication for Children), tiga hal esensial untuk kesuksesan pembelajaran bahasa, dan tahapan kegiatan guru dalam model pembelajaran permainan bahasa. Buku ini juga melengkapi dengan contoh praktik model permainan bahasa untuk siswa tunagrahita, yang dapat dijadikan referensi langsung dalam implementasi pembelajaran di lapangan. Dengan pendekatan yang menyenangkan dan strategi pembelajaran yang variatif, buku ini dirancang untuk membantu guru dan orang tua meningkatkan kemampuan berbicara anak tunagrahita secara optimal, sekaligus menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara holistik.

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku: Buku ini berfokus pada upaya meningkatkan keterampilan berbicara anak tunagrahita melalui pendekatan pembelajaran yang menyenangkan, aman, dan ramah. Buku ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan guru dan orang tua untuk memiliki strategi yang efektif dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak, khususnya dalam konteks pendidikan inklusi. Berbicara merupakan salah satu cara utama untuk berkomunikasi, dan karena itu, keterampilan ini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari anak. Buku ini terdiri dari delapan bab, yang mencakup pendahuluan, teori model pembelajaran, konsep permainan bahasa, pengenalan anak tunagrahita, teori terapi permainan untuk anak berkebutuhan khusus, serta model permainan bahasa yang dirancang khusus untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak tunagrahita. Bab-bab tersebut membahas berbagai aspek terkait pembelajaran berbicara, seperti konsep berbicara, aspek-aspek terkait keterampilan berbicara, hubungan berbicara dengan keterampilan berbahasa lainnya, serta penilaian dalam konteks pembelajaran berbicara. Selain itu, buku ini juga menyajikan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran berbicara, siklus pembelajaran CLCC (Creating Learning Communication for Children), tiga hal esensial untuk kesuksesan pembelajaran bahasa, dan tahapan kegiatan guru dalam model pembelajaran permainan bahasa. Buku ini juga melengkapi dengan contoh praktik model permainan bahasa untuk siswa tunagrahita, yang dapat dijadikan referensi langsung dalam implementasi pembelajaran di lapangan. Dengan pendekatan yang menyenangkan dan strategi pembelajaran yang variatif, buku ini dirancang untuk membantu guru dan orang tua meningkatkan kemampuan berbicara anak tunagrahita secara optimal, sekaligus menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara holistik.

Detail Buku

Jumlah Halaman 108
Kategori Pendidikan
Penerbit CV. Pustaka MediaGuru
Tahun Terbit 2019
ISBN 978-602-468-123-4
eISBN
Teori dan praktik model pembelajaran berbicara bagi anak tunagrahita : panduan bagi guru dan orang tua anak tunagrahita

Teori dan praktik model pembelajaran berbicara bagi anak tunagrahita : panduan bagi guru dan orang tua anak tunagrahita

Ai Sofiyanti