Sinopsis Buku: Teori dan Konsep Manajemen Sistem Pembelajaran 4.0 Buku ini membahas secara mendalam teori dan konsep mengenai *Manajemen Sistem Pembelajaran 4.0*, yang merupakan pendekatan modern dalam pengelolaan proses pembelajaran dalam era teknologi informasi dan komunikasi. Buku ini terdiri dari sembilan bab yang disusun secara terstruktur, baik dalam aspek teori maupun konsep penerapan praktis. Isi buku ini menjelaskan tentang hak cipta, sanksi pelanggaran, serta pentingnya perlindungan karya cipta dalam konteks pendidikan dan pembelajaran. Dalam bab-babnya, buku ini menjelaskan berbagai aspek seperti fungsi dan sifat hak cipta, pembatasan pelindungan hak cipta, serta sanksi pelanggaran hak ekonomi dan hak cipta. Selain itu, buku ini juga membahas teknologi pendidikan 4.0, manajemen pembelajaran 4.0, sistem pembelajaran 4.0, serta fungsional manajemen sistem 4.0. Buku ini juga menjelaskan tentang keunggulan operasional 4.0 dan contoh penggunaan sistem informasi di era konvensional. Buku ini ditulis oleh Dr. Mesterjon, S.Kom., M.Kom., seorang dosen di Universitas Dehasen Bengkulu. Buku ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang bagaimana sistem pembelajaran 4.0 dapat dikelola secara efektif dan efisien, serta bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran di Indonesia. Buku ini menjadi referensi penting bagi para pendidik, pengelola lembaga pendidikan, dan pelaku pembelajaran dalam era digital.
Buku ini tersusun atas IX bab di setiap babnya menjelaskan dengan sangat terstruktur baik secara teori maupun konsep manajemen sistem pembelajaran 4 0 Bab I menguraikan teori dan konsep dasar dari pendidikan itu sendiri sampai pada manajemen pembelajaran baik tingkat dasar sampai pada tingkat perguruan tinggi Bab II menjelaskan baik secara teori dan konsep terkait dengan sistem menguraikan teori sistem dalam pandangan banyak ahli menguraikan dengan rinci model sistem pembelajaran 4 0 juga menjelaskan mutu dari pembelajaran serta dilengkapi dengan penjelasan yang mendasar terkait dengan quality dan evaluasi Bab III menjelaskan secara mendasar terkait dengan manajemen sistem 4 0 secara umum menjelaskan sistem sebagai sebab akibat mengurai terkait dengan data yang telah ditafsirkan menjelaskan secara mendasar terkait dengan manajemen dalam beberapa mazhab serta mengurai dengan terstruktur perihal pencatatan fakta Bab IV menjelaskan terkait dengan teknologi pendidikan 4 0 mengurai secara mendasar terkait dengan manajemen pembelajaran 4 0 menjelaskan sistem pembelajaran 4 0 dalam institusi pendidikan sampai pada fungsional manajemen sistem 4 0 Bab V membahas sistem informasi manajemen 4 0 yang dimulai dari keunggulan operasional 4 0 daya tarik sistem pembelajaran 4 0 penerapan blended learning juga menjelaskan secara konsep terkait dengan penguatan institusi pendidikan dan juga gaya manajemen pembelajaran dan institusi itu sendiri Bab VI buku ini akan lebih banyak mengurai teknologi pembelajaran multiplatform sebagai salah satu alat bantu pembelajaran juga menjelaskan teknologi peranti penyimpanan data serta juga menjelaskan secara mendasar peranti teknologi pendidikan yang diintegrasikan dengan UU No 20 Tahun 23 pada Pasal 3 juga mengurai secara konsep desain aplikasi pembelajaran serta pengendalian manajerial Seterusnya sampai pada Bab IX bab akhir dari buku ini menjelaskan konsep dasar dari audit 4 0 dan proses audit 4 0 yang sangat diperlukan sebagai tolok ukur atas pelaksanaan dan implementasi manajemen pembelajaran 4 0
Jumlah Halaman | 101 |
---|---|
Kategori | Manajemen |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-02-3508-5 |
eISBN | 978-623-02-3559-7 |