Sinopsis Buku: Buku ini merupakan karya akademik yang membahas secara mendalam tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang merupakan salah satu pendekatan penelitian kualitatif yang digunakan oleh guru dan peneliti dalam meningkatkan proses belajar mengajar di dalam kelas. Buku ini terdiri dari berbagai bagian yang saling terkait, di antaranya: 1. Kajian PTK (Kesatu, Kedua, Ketiga): Bagian ini membahas konsep-konsep dasar PTK, metode penelitian, serta langkah-langkah dalam melakukan penelitian tindakan secara sistematis dan berkelanjutan. Penelitian tindakan ini tidak hanya bertujuan untuk mengevaluasi praktik pembelajaran, tetapi juga untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran melalui refleksi, perencanaan, tindakan, dan evaluasi berulang. 2. Proposal PTK: Bagian ini memberikan panduan tentang bagaimana menyusun proposal penelitian tindakan yang komprehensif dan sesuai dengan standar akademik. Proposal ini menjadi dasar untuk melaksanakan penelitian tindakan secara terstruktur dan terarah. 3. Artikel PTK (Jurnal): Bagian ini menyajikan contoh artikel jurnal yang berisi hasil penelitian tindakan yang telah dilaksanakan. Artikel ini dapat menjadi referensi bagi para peneliti, guru, dosen, dan mahasiswa dalam memahami dan mengaplikasikan penelitian tindakan dalam konteks pendidikan. Selain itu, buku ini juga mencakup teori dan aplikasi penelitian tindakan, yang menjelaskan konsep-konsep inti PTK, serta bagaimana teori tersebut diterapkan dalam praktik pembelajaran di kelas. Buku ini juga memuat informasi terkait hak cipta, termasuk aturan dan batasan penggunaan karya cipta dalam konteks penelitian dan pendidikan. Buku ini ditujukan bagi guru, dosen, mahasiswa, kepala sekolah, pengawas sekolah, dan peneliti yang ingin memahami dan mengaplikasikan penelitian tindakan sebagai alat untuk meningkatkan mutu pendidikan. Buku ini diharapkan dapat menjadi sumber referensi yang bermanfaat dalam upaya pengembangan profesional dan peningkatan kualitas pembelajaran di lingkungan pendidikan.
Zaman telah berubah seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Segala perkembangan ini harus diantisipasi agar seluruh bangsa tidak tertinggal dalam percaturan di tingkat global Harus diakui perkembangan kehidupan dan ilmu pengetahuan abad 21 sekarang ini memang telah terjadi pergeseran baik ciri maupun model pembelajaran Hal inilah yang harus direspons oleh stake holders pendidikan khususnya pahlawan tanpa tanda jasa yaitu guru dan dosen Tugas utama seorang guru dan dosen adalah merancang menyajikan dan mengevaluasi bahan ajar disesuaikan dengan kondisi lingkungan yang membatasinya dengan tujuan agar peserta didik siswa dan mahasiswa memperoleh hasil belajar yang optimal Oleh karena itu guru dan dosen harus menguasai dan mengembangkan ketiga ranah profesi yang perkembangannya semakin kompleks sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Buku ini berisi panduan teori dan praktik tentang bagaimana menyiapkan melaksanakan dan melaporkan hasil penelitian tindakan Berisi tentang Kajian PTK Proposal PTK Laporan Hasil PTK dan Artikel PTK untuk dipublikasikan di jurnal
Jumlah Halaman | 102 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-475-726-7 |
eISBN | 978-602-475-746-5 |