Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah PBM di Fakultas Kedokteran FK Unpad sudah dilaksanakan sejak tahun 2001 PBM PBL Problem Based Learning ini dilaksanakan sebagai jawaban atas keresahan yang ada yang menyangkut kurikulum dosen maupun mahasiswa Dari segi kurikulum dirasakan bahwa kurikulum konvensional menjadikan pengkotakan ilmu secara tegas Kurikulum konvensional juga membuat para dosen terisolasi dalam keilmuan masing masing sehingga berisiko kurangnya pengembangan inovasi dalam proses dan isi pembelajaran Para mahasiswa disodori dengan pembelajaran berpusat pada dosen sehingga kurang terasah untuk belajar secara aktif Pada awal penerapannya terdapat pro dan kontra terhadap metode Pembelajaran Berbasis Masalah PBM Ada kekhawatiran yang dirasakan terkait tingkat keberhasilan dari metode pembelajaran ini Pelaksanaan PBM secara otomatis mengubah paradigma dunia pendidikan dari pembelajaran yang berpusat pada teacher Teacher Center Learning ke arah pembelajaran yang berpusat pada student Student Center Learning Namun dalam perjalanan penerapan PBM ini didapati bahwa para mahasiswa lebih menyukai model pembelajaran ini Grafik peningkatan kemampuan para mahasiswa terlihat cukup signifikan terutama pada kemampuan berpikir kritis mengintegrasikan berbagai ilmu bekerja sama berkomunikasi dan lain lain Terlepas dari keberhasilan penerapan metode pembelajaran ini ternyata muncul beberapa permasalahan teknis terkait implementasi PBM baik dari sisi mahasiswa maupun dosen Apa sajakah permasalahan teknis terkait implementasi PBM tersebut Bagaimana tips dan trik pelaksanaan PBM agar mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan Buku yang ada di tangan Anda saat ini adalah jawabannya Selamat membaca semangat belajar dari masalah Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah PBM di Fakultas Kedokteran FK Unpad sudah dilaksanakan sejak tahun 2001 PBM PBL Problem Based Learning ini dilaksanakan sebagai jawaban atas keresahan yang ada yang menyangkut kurikulum dosen maupun mahasiswa Dari segi kurikulum dirasakan bahwa kurikulum konvensional menjadikan pengkotakan ilmu secara tegas Kurikulum konvensional juga membuat para ...dosen terisolasi dalam keilmuan masing masing sehingga berisiko kurangnya pengembangan inovasi dalam proses dan isi pembelajaran Para mahasiswa disodori dengan pembelajaran berpusat pada dosen sehingga kurang terasah untuk belajar secara aktif Pada awal penerapannya terdapat pro dan kontra terhadap metode Pembelajaran Berbasis Masalah PBM Ada kekhawatiran yang dirasakan terkait tingkat keberhasilan dari metode pembelajaran ini Pelaksanaan PBM secara otomatis mengubah paradigma dunia pendidikan dari pembelajaran yang berpusat pada teacher Teacher Center Learning ke arah pembelajaran yang berpusat pada student Student Center Learning Namun dalam perjalanan penerapan PBM ini didapati bahwa para mahasiswa lebih menyukai model pembelajaran ini Grafik peningkatan kemampuan para mahasiswa terlihat cukup signifikan terutama pada kemampuan berpikir kritis mengintegrasikan berbagai ilmu bekerja sama berkomunikasi dan lain lain Terlepas dari keberhasilan penerapan metode pembelajaran ini ternyata muncul beberapa permasalahan teknis terkait implementasi PBM baik dari sisi mahasiswa maupun dosen Apa sajakah permasalahan teknis terkait implementasi PBM tersebut Bagaimana tips dan trik pelaksanaan PBM agar mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan Buku yang ada di tangan Anda saat ini adalah jawabannya Selamat membaca semangat belajar dari masalah