Sinopsis Buku: Buku *TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR* yang dikarang oleh Dr. Ahmad Susanto, M.Pd., adalah sebuah karya akademik yang menyajikan konsep-konsep teori belajar dan penerapannya dalam proses pembelajaran di jenjang Sekolah Dasar. Buku ini menjelaskan pentingnya pemahaman teori belajar sebagai dasar dalam merancang dan menerapkan model-model pembelajaran yang efektif, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Penulis menjelaskan bahwa belajar adalah proses yang fundamental dalam pendidikan, yang melibatkan dua subjek utama yaitu guru dan peserta didik. Buku ini juga menekankan bahwa proses belajar tidak hanya berfokus pada aspek kognitif (pengetahuan), tetapi juga melibatkan aspek afektif (sikap) dan psikomotorik (keterampilan), sehingga pembelajaran dapat lebih menyeluruh dan mendukung pengembangan potensi peserta didik secara holistik. Selain itu, buku ini membahas tantangan dan tantangan dalam pendidikan masa kini, khususnya dalam mewujudkan proses belajar yang demokratis, interaktif, dan berbasis partisipasi. Penulis menekankan pentingnya guru untuk menerapkan strategi pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif, seperti diskusi masalah aktual, sosial, dan multidimensi, serta mendorong siswa untuk berpikir kritis, bersikap toleran, dan berpartisipasi secara demokratis dalam proses belajar. Dengan pendekatan yang komprehensif dan praktis, buku ini menjadi sumber referensi yang relevan bagi para pendidik, calon pendidik, dan pelaku pendidikan di jenjang Sekolah Dasar.
Dalam buku ini penulis berusaha menyajikan berbagai teori dan praktik belajar dan pembelajaran yang dapat dijadikan rujukan dalam mencari terobosan baru untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan proses pembelajaran kepada siswa sehingga proses pembelajaran tidak hanya didominasi oleh guru yang pada akhirnya menyebabkan siswa kurang berkembang dalam kemampuan berpikirnya Dengan mengubah model pembelajaran yang konvensional kepada model pembelajaran yang dinamis dan lebih bermakna maka akan terbuka kesempatan kepada siswa untuk membangkitkan cara berpikir kritis dan dengan hasil pembelajaran yang lebih baik
Jumlah Halaman | 322 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-602-422-933-7 |
eISBN | 978-602-422-935-1 |