Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang konsep kerja menurut Islam, khususnya dalam konteks profesi pendidik. Penulis menjelaskan bahwa seorang guru tidak hanya perlu memahami konsep kerja dan entrepreneurship, tetapi juga harus menguasai konsep profesi pendidik, pendidikan karakter, serta rahasia sukses seorang pendidik yang dianggap alim dan menjadi teladan oleh ulama-ulama klasik. Dalam rangka mewujudkan dinamisasi pembelajaran, guru diharapkan mampu berperan aktif dan menerapkan metode pembelajaran yang baik, bukan hanya sekadar mengajar secara pasif. Buku ini juga memperkenalkan beberapa kitab klasik dalam dunia pendidikan Islam, seperti *Ta’lim al-Muta’allim Ila Thariqah al-Ta’allum* karya Syeh Burhanuddin al-Zarnuji dan *Âdâb al-‘Âlim wa al-Muta’allim* karya Hadratus Syeh K.H. Hasyim Asy’ari. Kitab-kitab tersebut menjadi referensi dalam memahami cara belajar dan mengajar yang benar, serta pentingnya bimbingan guru dalam proses belajar agama Islam. Selain itu, buku ini juga menyoroti peran penting seorang guru dalam era Revolusi Industri 4.0, di mana perkembangan teknologi informasi telah mengubah cara masyarakat belajar agama Islam. Penulis menekankan bahwa meskipun akses informasi semakin mudah, proses belajar agama Islam tetap memerlukan pendekatan yang terstruktur, tidak hanya sekadar membaca dan mencerna secara asal. Dengan menggabungkan perspektif Islam dan pendidikan, buku ini diharapkan menjadi referensi yang bermanfaat bagi para guru, pendidik, dan mahasiswa calon pendidik dalam memperkaya pemahaman dan metode pengajaran yang sesuai dengan nilai-nilai Islam.
Bekal pengetahuan menjalankan profesi ini dianggap penting dalam rangka mempersiapkan guru guru yang professional dan berakhlakul karimah Memahami Pendidikan dalam Al Qur
Jumlah Halaman | 179 |
---|---|
Kategori | Agama |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-329-645-8 |
eISBN | proses |