Sinopsis Buku: Buku *Teknik Pengukuran Pengetahuan Gizi* ini ditulis oleh Ali Khomsan dan disunting oleh Dwi M. Nastiti, merupakan panduan komprehensif bagi mahasiswa dan para peneliti gizi dalam melakukan pengukuran pengetahuan gizi secara valid dan andal. Buku ini bertujuan untuk memperkaya materi kuliah Pendidikan Gizi dan memfasilitasi para peneliti dalam mengembangkan alat ukur yang konsisten, sehingga hasil penelitian dapat dibandingkan secara efektif. Buku ini menyajikan berbagai aspek penting dalam pendidikan gizi, termasuk metode pendidikan, teknik komunikasi, proses pembelajaran, alat peraga, serta teknik pengukuran pengetahuan gizi. Bab khusus membahas bentuk tes, aspek yang diukur, kelebihan dan kekurangan tes pilihan ganda, penilaian, kategori pengetahuan gizi, dan konsep reliabilitas serta validitas dalam pengukuran. Penulis juga menekankan pentingnya informasi yang konsisten dan dipercaya dalam proses pembelajaran, serta peran hubungan yang baik antara pendidik dan peserta didik dalam meningkatkan efektivitas pendidikan gizi. Dengan menggabungkan teori dan praktik, buku ini diharapkan menjadi sumber acuan yang bermanfaat bagi para pelaku pendidikan gizi, peneliti, dan calon pendidik dalam mengembangkan pendekatan pengukuran dan pembelajaran yang efektif dan berkelanjutan.
Buku ini mengkaji aspek pendidikan yang mencakup metode pendidikan teknik komunikasi proses pembelajaran alat peraga cara mengukur dan instrumen pengetahuan gizi Penulis menyadari bahwa buku ini masih kurang sempurna oleh karena itu saran dan kritik akan kami terima dengan hati terbuka Pada kesempatan ini penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah memberi masukan terhadap isi buku ini
Jumlah Halaman | 76 |
---|---|
Kategori | Kesehatan |
Penerbit | PT Penerbit IPB Press |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-256-890-7 |
eISBN | 978-623-256-977-5 |