Sinopsis Buku: Buku ini membahas tantangan dan upaya-upaya peningkatan literasi di Indonesia, yang dianggap sebagai salah satu indikator penting kualitas pendidikan suatu negara. Hasil survei menempatkan Indonesia pada peringkat ke-60 dunia, di bawah negara-negara ASEAN, yang memicu perdebatan dan respons dari berbagai pihak, termasuk pemerintah dan masyarakat. Meskipun hasil survei bisa dianggap sebagai bad news jika diabaikan, ia juga bisa menjadi good news jika direspon secara positif dengan berbagai inisiatif peningkatan minat baca. Buku ini menjelaskan berbagai program yang diluncurkan, seperti Duta Baca Indonesia, Gerakan Literasi Sekolah, dan program lokal seperti GPMB di Yogyakarta serta Street Library di Bandung. Selain itu, buku ini juga menyoroti pergeseran media baca dari cetak ke digital, yang semakin dominan di era smartphone. Ketersediaan e-book yang didesain khusus untuk smartphone menjadi solusi untuk memudahkan akses dan meningkatkan minat baca masyarakat. Buku ini juga menyebutkan pentingnya ketersediaan perpustakaan, komputer, dan smartphone dalam meningkatkan literasi, serta upaya-upaya yang dilakukan untuk menyediakan konten yang sesuai dengan media digital. Dengan demikian, buku ini memberikan gambaran menyeluruh tentang upaya peningkatan literasi di Indonesia, dari program pemerintah hingga inisiatif masyarakat, dalam rangka mewujudkan bangsa yang lebih cerdas dan berliterasi tinggi.
Tak berbeda dengan kerabatnya gurita peniru juga mahir menyembunyikan diri dari predator lapar dengan membaurkan tubuhnya dengan lingkungan di sekelilingnya Meski demikian gurita ini kerap memilih memamerkan bakatnya menyamar daripada bersembunyi Bukannya menenggelamkan diri di balik pasir gurita peniru justru membuat dirinya makin mencolok bagi pemangsanya dengan memanfaatkan pola warna tubuh belang cokelat dan putih untuk meniru ikan sebelah ikan lionfish atau ular laut
Jumlah Halaman | 61 |
---|---|
Kategori | Studi dan Pengajaran |
Penerbit | Tempo Publishing |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | - |
eISBN | 978-623-05-0889-9 |