Dalam hal mengajar penguasaan konten pengajaran merupakan suatu keniscayaan Tanpa penguasaan konten pengajaran tidak mungkin ada kualitas pengajaran yang maksimal dan efektif Dalam ilmu komunikasi yakni ilmu yang tidak terpisahkan dengan ilmu pendidikan penguasaan konten merupakan kunci utama keberhasilan suatu komunikasi dan sekaligus sebagai kunci dan pendorong utama bagi seorang komunikator dalam mengembangkan skill metode komunikasi yang maksimal kontekstual dan yang efektif Demikian pula dalam hal keutuhan pengajaran yakni dalam hubungan antara konten pengajaran skill mengajar dan metode mengajar yang kontekstual Keutuhan dari konten skill dan metode mengajar yang kontekstual dan efektif hanya dapat dibangun secara maksimal jika pengajar memiliki etos kerja dan karakter kerja yang tinggi Etos kerja dan karakter kerja ini yang menjadikan seorang pengajar dapat secara terus menerus terdorong untuk mendalami dan mengembangkan konten dan skill serta metode mengajarnya secara kontekstual sehingga mampu menjadi pengajar yang professional berintegritas motivatif dan inspiratif bagi semua orang khususnya bagi peserta didiknya Dan muara dari adanya etos kerja dan karakter kerja seperti ini yang secara pasti akan menghasilkan seorang pengajar yang melakukan seluruh aktifitas mendidiknya denganDalam hal mengajar penguasaan konten pengajaran merupakan suatu keniscayaan Tanpa penguasaan konten pengajaran tidak mungkin ada kualitas pengajaran yang maksimal dan efektif Dalam ilmu komunikasi yakni ilmu yang tidak terpisahkan dengan ilmu pendidikan penguasaan konten merupakan kunci utama keberhasilan suatu komunikasi dan sekaligus sebagai kunci dan pendorong utama bagi seorang komunikator ...dalam mengembangkan skill metode komunikasi yang maksimal kontekstual dan yang efektif Demikian pula dalam hal keutuhan pengajaran yakni dalam hubungan antara konten pengajaran skill mengajar dan metode mengajar yang kontekstual Keutuhan dari konten skill dan metode mengajar yang kontekstual dan efektif hanya dapat dibangun secara maksimal jika pengajar memiliki etos kerja dan karakter kerja yang tinggi Etos kerja dan karakter kerja ini yang menjadikan seorang pengajar dapat secara terus menerus terdorong untuk mendalami dan mengembangkan konten dan skill serta metode mengajarnya secara kontekstual sehingga mampu menjadi pengajar yang professional berintegritas motivatif dan inspiratif bagi semua orang khususnya bagi peserta didiknya Dan muara dari adanya etos kerja dan karakter kerja seperti ini yang secara pasti akan menghasilkan seorang pengajar yang melakukan seluruh aktifitas mendidiknya dengan