Sinopsis Buku: Buku ini membahas gagasan *teacherpreneurship*, yaitu upaya untuk menumbuhkan dan mengembangkan jiwa kewirausahaan pada seorang guru. Dalam konteks pendidikan, kewirausahaan bukan sekadar menjadi pengusaha, tetapi lebih kepada sikap, mental, dan kemampuan seorang guru untuk menciptakan sesuatu yang bernilai dan bermanfaat bagi dirinya dan lingkungan sekitar. *Teacherpreneurship* mendorong guru untuk menjadi aktif, kreatif, inovatif, dan berdaya, dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan melalui usaha dan kiprahnya di sekolah. Buku ini menjelaskan bahwa guru yang berjiwa kewirausahaan memiliki tiga kompetensi utama: *technical skill*, *conceptual skill*, dan *human skill*. *Technical skill* mencakup kemampuan dalam penguasaan metode, strategi, dan media pembelajaran. *Conceptual skill* berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis dan menganalisis masalah secara mendalam. Sementara itu, *human skill* menyangkut kemampuan dalam berinteraksi, membangun hubungan, serta memberikan teladan bagi siswa dan masyarakat. Dengan menerapkan *teacherpreneurship*, seorang guru tidak hanya menjadi pemberi ilmu, tetapi juga seorang penyelesaian masalah, kreatif, dan produktif. Buku ini menjadi panduan bagi guru untuk mengembangkan diri secara profesional dan berkontribusi positif dalam dunia pendidikan.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas gagasan *teacherpreneurship*, yaitu upaya untuk menumbuhkan dan mengembangkan jiwa kewirausahaan pada seorang guru. Dalam konteks pendidikan, kewirausahaan bukan sekadar menjadi pengusaha, tetapi lebih kepada sikap, mental, dan kemampuan seorang guru untuk menciptakan sesuatu yang bernilai dan bermanfaat bagi dirinya dan lingkungan sekitar. *Teacherpreneurship* mendorong guru untuk menjadi aktif, kreatif, inovatif, dan berdaya, dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan melalui usaha dan kiprahnya di sekolah. Buku ini menjelaskan bahwa guru yang berjiwa kewirausahaan memiliki tiga kompetensi utama: *technical skill*, *conceptual skill*, dan *human skill*. *Technical skill* mencakup kemampuan dalam penguasaan metode, strategi, dan media pembelajaran. *Conceptual skill* berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis dan menganalisis masalah secara mendalam. Sementara itu, *human skill* menyangkut kemampuan dalam berinteraksi, membangun hubungan, serta memberikan teladan bagi siswa dan masyarakat. Dengan menerapkan *teacherpreneurship*, seorang guru tidak hanya menjadi pemberi ilmu, tetapi juga seorang penyelesaian masalah, kreatif, dan produktif. Buku ini menjadi panduan bagi guru untuk mengembangkan diri secara profesional dan berkontribusi positif dalam dunia pendidikan.